Senin, 07 Oktober 2019

Identifikasi Jenis Tikus, Indeks Pinjal Dan Lokasi Keberadaan Tikus Di Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang Tahun 2019.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
ABSTRAK
Bunga Mutiara Garches Del Vale (bungamutiaragardel@gmail.com)
Identifikasi Jenis Tikus, Indeks Pinjal Dan Lokasi Keberadaan Tikus Di Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang Tahun 2019.
XCIX+99 Halaman: tabel,gambar, lampiran

Kantor Kesehatan Pelabuhan memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan kondisi pelabuhan yang bebas dari penularan penyakit. Terutama yang bersumber dari vektor dan binatang penular penyakit. Keberadaan tikus dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya penyakit pes yang merupakan penyakit karantina sesuai dengan International Health Regulation (IHR) tahun 2005. Tujuan Penelitian untuk Mengetahui gambaran jenis tikus, indeks pinjal, dan lokasi keberadaan tikus di wilayah kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tikus, indeks pinjal dan Lokasi keberadaan tikus di wilayah kerja pelabuhan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang.
Hasil traping wilayah buffer dengan Success trap tertinggi terdapat di Kelurahan Tanjung Emas yaitu sebanyak 13% dengan 34 tikus tertangkap. Indeks pinjal umum tertinggi yaitu pada bulan april sebanyak 1 dengan perolehan pinjal sebanyak 5 ekor pinjal dari 5 ekor tikus yang tertangkap. Hasil identifikasi dari 48 ekor tikus selama tiga bulan diantaranya paling banyak dari spesies Rattus tanezumi yaitu sebanyak 29 ekor, Rattus nivivinter sebanyak 2 ekor, Rattus norvegicus sebanyak 5 ekor, Bandicota indica 5 ekor, Bandicota bengalensis 6 ekor dan spesies yang paling sedikit yaitu Rattus tiomanicus sebanyak 1 ekor. Spesies tikus yang tertangkap sebagian besar merupakan Rattus tanezumi yaitu 29 ekor dari 48 ekor
Kesimpulan dari Identifikasi tikus yang sudah dilakukan mendapatkan hasil spesies R.tanezumi paling banyak ditemukan di wilayah buffer. Indeks pinjal tertinggi pada bulan April sebanyak 1. Disarankan untuk meningkatkan pemantauan tikus dan pinjal yang sudah berjalan dan pengujian kesukaan umpan tikus serta efektifitas perangkap yang dicuci dengan yang tidak dicuci.
.
Daftar bacaan : 20 (2000 – 2019)
Kata kunci      : Identifikasi Tikus, Pelabuhan
Klasifikasi      : -
Fulltext

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus