Minggu, 06 Oktober 2019

STUDI KUALITAS FISIK DAN KIMIA AIR KOLAM RENANG TIRTA KEMBAR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Yuniar Fresinta Dewi (yfresinta@gmail.com)
STUDI KUALITAS FISIK DAN KIMIA AIR KOLAM RENANG TIRTA KEMBAR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019
XV + 108 halaman: gambar, tabel, lampiran

Kualitas air kolam renang harus memenuhi syarat kesehatan, hal inilah yang sering diabaikan oleh pihak atau pengelola kolam renang. Kolam renang merupakan fasilitas umum sehingga digunakan oleh umum atau orang banyak, tanpa disadari air kolam renang yang tidak memenuhi syarat kesehatan dapat menyebabkan penyakit terhadap pemakainya (Hidayah, 2016). Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan keadaan sanitasi kolam renang Tirta Kembar, mendeskripsikan potensi bahaya di kolam renang Tirta Kembar mengukur suhu, kejernihan, bau, pH, dan sisa chlor sebelum (pukul ± 06.00 wib), saat (pukul ± 12.00 wib), dan sesudah (pukul ± 18.00 wib) pemakaian air kolam renang Tirta Kembar.
Jenis penelitian deskriptif yang dilakukan untuk mengukur suhu, kejernihan, bau, pH, dan sisa chlor air kolam renang, kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum.
Hasil penelitian sanitasi kolam renang diperoleh hasil 53,95% dengan kategori cukup. Potensi bahaya yang ada di kolam renang Tirta Kembar antara lain tenggelam, lantai licin, penyakit menular, dan penanganan bahan kimia. Hasil pengukuran suhu air kolam renang sebelum, saat, sesudah pemakaian didapatkan hasil antara 29˚C-32˚C. Hasil Pengukuran kejernihan menggunakan piringan seichi disk tidak terlihat jelas di kedalaman 4,572 m, namun untuk kolam renang anak piringan seichi disk masih terlihat. Hasil identifikasi bau sebelum, saat, dan sesudah pemakaian didapatkan hasil air kolam tidak berbau busuk. Hasil pengukuran pH sebelum, saat, dan sesudah pemakaian didapatkan hasil antara 5-6. Hasil pemeriksaan sisa chlor pada tanggal 16 Maret 2019 sebelum, saat, dan sesudah pemakaian didapatkan hasil 0,1 mg/lt. Pada tanggal 17 Maret 2019 pengukuran sisa chlor sebelum, saat, dan sesudah pemakaian didapatkan hasil antara 0,1mg/lt – 0,7mg/lt.
Kesimpulan Sanitasi kolam renang Tirta Kembar dalam katogori cukup. Kualitas air secara fisik dan kimia meliputi parameter kejernihan, pH, dan sisa chlor belum memenuhi persyaratan. Peneliti menyarankan agar dalam proses penambahan kaporit dilakukan dengan takaran yang sesuai, petugas dalam meracik bahan kimia sebaiknya menggunakan alat pelindung diri, dan selalu menjaga lingkungan sekitar kolam renang.

Daftar Bacaan : 24 (1991 – 2019)
Kata Kunci      : Kolam Renang, Parameter Fisik dan Kimia Air
Klasifikasi       :
Fulltext

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus