Jumat, 04 Oktober 2019

DESKRIPSI PELAKSANAAN PENGENDALIAN TIKUS DI RSUD Dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA TAHUN 2019

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Dwi Kurnianing Nandani (dwinandani94@gmail.com)
DESKRIPSI PELAKSANAAN PENGENDALIAN TIKUS DI RSUD Dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA TAHUN 2019
XIV + 83 halaman: gambar, tabel, lampiran

Keberadaan tikus di rumah sakit sudah tentu sangat mengganggu. Banyak penyakit yang dapat ditularkan melalui tikus, baik melalui urinnya, gigitannya atau bahkan lewat gigitan kutu yang menempel di tubuhnya. Rumah sakit umum daerah dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga merupakan salah satu tempat yang melakukan pengendalian tikus. Rumah sakit merupakan tempat terjadinya infeksi nosokomial, tikus merupakan binatang pembawa penyakit dan dapat menularkan penyakit. Selain itu dapat menggambarkan kondisi lingkungan rumah sakit yang terawatt atau tidak terawat. Tujuan penelitian  untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengendalian tikus di Rumah sakit umum daerah dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Jenis penelitian deskripstif yaitu menggambarkan pelaksanaan pengendalian tikus di Rumah sakit umum daerah dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Hasil penelitian menunjukan tata cara pelaksanaan pengendalian tikus terdiri dari langkah awal, tata cara pengendalian, dan ealuasi pengendalian tikus yang telah dilakukan. Hasil success trap setelah dilakukan pengendalian tikus yaitu pada pest glue trap 62.5% dan live trap 0%. Hal ini menunjukan bahwa tujuan trapping pada pest glue trap tercapai. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No. 50 Tahun 2017, menunjukan bahwa rumah sakit belum memenuhi Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan untuk Binatang Tikus dengan nilai baku mutu success trap <1 .="" p="">
Kesimpulannya yaitu pengendalian tikus di rumah sakit lebih efektif dan efisien menggunakan metode pest glue trap. Saran bagi rumah sakit adalah terus meningkatkan upaya perbaikan sanitasi.

Daftar bacaan : 22 (1985-2017)
Kata kunci      : Pengendalian Tikus, Rumah Sakit
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar