Minggu, 13 Oktober 2019

TINJAUAN SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) IR. SOEKARNO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III
Tugas Akhir, 10 April 2019
ABSTRAK
Fadhilah Rahmah Yuanti (dhila.rahma14@gmail.com)
TINJAUAN SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) IR. SOEKARNO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018
xvi + 97 halaman : gambar, tabel, lampiran

Sistem penyediaan air bersih di rumah sakit merupakan bagian dari sanitasi rumah sakit yang mempunyai peran penting dalam upaya pencegahan penyakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem penyediaan air bersih di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo.
Metode penelitian deskriptif dengan dengan metode cross sectional. Subyek penelitian ini adalah sistem penyediaan air bersih di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo.
Hasil penelitian menunjukkan sumber air bersih diperoleh dari air sumur dan air PDAM. Kualitas fisik air bersih tidak berbau, tidak berasa, ± 3 oC suhu ruangan, dan kekeruhan tidak lebih dari 25 NTU. Kualitas kimia pH hasil 8.10, besi (Fe) tidak lebih dari 1.0 mg/l, mangan 1.06 mg/l, 0.76 mg/l, 0.61 mg/l, dan 0.52 mg/l. Kualitas bakteriologis tidak lebih dari 50 CFU/100 ml dan E. Coli tidak lebih dari 0 CFU/100 ml. Kuantitas air bersih 123.40 m3/hari, 124.30 m3/hari, 125.56 m3/hari. Kontinuitas air bersih tersedia sepanjang waktu. Air di distribusikan dengan sistem perpipaan dapat diakses dengan mudah. Pengawasan dilakukan 4 bulan sekali. Biaya operasional sebanyak 200 juta.
Kesimpulan adalah kuantitas, kontinuitas, aksesibilitas, dan pengawasan sudah memenuhi syarat. Kualitas air sudah memenuhi syarat kecuali parameter pH dan mangan. Disarankan bagi rumah sakit kegiatan pemeriksaan kualitas air bersih mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Hygiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, Dan Pemandian Umum.

Daftar Bacaan : 20 (2001-2019)
Kata Kunci     : Tinjauan Penyedian Air, Air Bersih, Rumah Sakit
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar