Rabu, 02 Oktober 2019

STUDI SANITASI KOLAM RENANG WATER PARK TIRTAMAS INDAH KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019


Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019

Abstrak
Utiek Tama Andriyani (tamaandriyani99@gmail.com)
STUDI SANITASI KOLAM RENANG WATER PARK TIRTAMAS INDAH KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019
XV + 78 halaman: gambar, tabel, lampiran
            Kolam renang merupakan tempat dan fasilitas umum berupa kolam berisi air yang telah diolah yang dilengkapi dengan fasilitas kenyamanan dan pengamanan terletak di dalam maupun di luar bangunan yang digunakan untuk berenang, berekreasi atau olahraga air lainnya. Berdasarkan survei yang peneliti lakukan di Water Park Tirtamas Indah Cilacap ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat, tujuan penelitian untuk mengetahui keadaan sanitasi di lingkungan kolam renang
Metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan keadaan sanitasi Kolam Renang Water Park Tirtamas Indah Cilacap. Cara pengumpulan data yaitu dengan observasi langsung pada obyek yang akan diteliti, wawancara terhadap pihak pengelola dan pengukuran yang meliputi pengukuran sisa chlor air kolam renang.
            Hasil penelitian persyaratan kesehatan lingkungan dan bangunan, persyaratan kesehatan kamar atau ruang, penyediaan air bersih, saluran pembuangan air limbah, pengelolaan sampah, pengendalian vektor dan binatang pengganggu, bangunan kolam renang, kualita air kolam renang dan sarana sanitasi fasilitas pendukung secara umum telah memenuhi persyaratan. Komponen yang tidak memenuhi syarat meliputi: toilet untuk umum, gudang, tempat sampah, pengendalian vektor dan binatang pengganggu, bak cuci kaki, pancuran bilas, kualitas fisik air kolam renang, kualitas kimia air kolam renang, kotak P3K dan APAR.
            Kesimpulan Water Park Tirtamas Indah Cilacap sudah memenuhi persyaratan dengan total score 81,5% dan score komponen yang tidak memenuhi syarat sebesar 18,5%. Menurut Checklist Keputusan Dirjen PPM & PLP diperoleh dengan kriteria penilaian memenuhi syarat apabila memenuhi prosentase 75% sedangkan Water Park Tirtamas Indah Cilacap memperoleh prosentase sebesar 81,5%. Disarankan kepada pihak pengelola kolam renang agar meningkatkan mutu serta memperbaiki komponen yang belum memenuhi syarat agar lebih baik dan menarik pengunjung lebih banyak lagi.

Daftar Bacaan    :  12 (1990-2018)
Kata Kunci          :  Sanitasi, Kolam Renang
Klasifikasi           :  -




Tidak ada komentar:

Posting Komentar