Senin, 07 Oktober 2019

DESKRIPSI SARANA SANITASI OBJEK WISATA SMALL WORLD BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Renanda Arfiadi ( rendybeton2@gmail.com )
DESKRIPSI SARANA SANITASI OBJEK WISATA SMALL WORLD BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019
XVII + 86 halaman: tabel, gambar, lampiran

Tempat wisata merupakan kegiatan bagi umum yang mempunyai tempat, sarana dan kegiatan tetap maupun terus menerus, secara membayar ataupun tidak membayar yang diselenggarakan oleh badan pemerintah, swasta maupun perseorangan yang dipergunakan langsung oleh masyarakat. Kondisi lingkungan tempat wisata yang tidak terpelihara akan menambah besarnya resiko penyebaran penyakit serta pencemaran lingkungan sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dengan menerapkan sanitasi lingkungan yang baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi sarana sanitasi objek wisata Small World Baturraden Tahun 2019.
Jenis penelitian deskriptif, untuk mendeskripsikan kondisi sarana sanitasi objek wisata Small World Baturraden dengan melakukan observasi dan wawancara menggunakan media ceklis dan kuisioner.
Hasil penelitian yang didapat dari observasi dan wawancara yaitu sarana penyediaan air bersih dikategorikan baik dengan skor 88,9%, sarana pembuangan tinja dikategorikan baik dengan skor 84,2%, sarana pengelolaan air limbah dikategorikan baik dengan skor 75%, sarana pengelolaan sampah dikategorikan cukup baik dengan skor 60%, pengelola makanan dan minuman dikategorikan baik dengan skor 85,7%, keberadaan vektor dan tikus dikategorikan tidak baik dengan skor 25%, kondisi lingkungan bangunan dan kontruksi bangunan dikategorikan baik dengan skor 86,7%.
Kesimpulan, sarana sanitasi di objek wisata Small World Baturraden dikategorikan baik dengan skor 76,5%. Saran terhadap pengelola objek wisata Small World Baturraden yaitu melakukan perbaikan pada komponen-komponen sarana sanitasi yang belum memenuhi persyaratan.

Daftar bacaan : 30 (1993-2018)
Kata kunci      : Deskripsi Sarana Sanitasi, Objek Wisata
Klasifkasi       : -
Fulltext

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus