Minggu, 13 Oktober 2019

PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN KAMPUNG LAUT KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Linar Muari (linarmuari12@gmail.com)
PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN KAMPUNG LAUT KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019
XV + 67 halaman: gambar, tabel, lampiran

Menurut Sugeng Abdullah (t-tahun) persyarat penyediaan air bersih meliputi kualitas (fisik, kimia, mikrobiologi dan radioaktif), kuantitas, kontinuitas, mudah diproses dan ekonomis. Pemenuhan kebutuhan air bersih masih menjadi masalah yang sulit di Kecamatan Kampung Laut. Pemeriksaan lengkap kualitas air bersih juga belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian mengetahui penyediaan air bersih di Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap Tahun 2019.
Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan crossectional. Data hasil penelitian disajikan dengan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel dan narasi. Jumlah sampel yang diteliti berdasarkan sumber air bersih yang digunakan yaitu setiap desa diambil satu rumah yang dijadikan sampel.
Hasil penelitian menunjukan sumber air bersih yaitu air hujan (sarana PAH), air tanah (sarana SGL dan perpipaan). Kualitas air bersih yang diperiksa tidak berbau, tidak berasa, suhu air 290C, pH 5,8-7,1, klorida 0,1-0,7 mg/l, dan Coliform 0-326 CFU/100 ml. Kuantitas air bersih 166,3 liter/orang/hari. Kontinuitas air bersih tersedia selama musim hujan, pada musim kemarau tetap tersedia hanya saja kuantitas dan kualitasnya menurun. Aksesibilitas air bersih termasuk akses optimal dengan jarak tempuh 1-7 meter dan waktu tempuh < 1 menit. Harga air bersih perpipaan dengan sistem pompa listrik yaitu Rp 500 dan Rp 3.000 per 1 m3.
Kesimpulan adalah penyediaan air bersih di Kecamatan Kampung Laut secara umum memenuhi syarat pada musim hujan. Saran untuk peneliti perlu dilakukan penelitian sejenis tentang penyediaan air bersih pada musim kemarau.

Daftar Bacaan : 36 (1990-2018)
Kata Kunci      : Penyediaan Air Bersih, Kampung Laut
Klasifikasi       : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar