Rabu, 02 Oktober 2019

STUDI PENYEDIAAN AIR BERSIH DI RUMAH SAKIT UMUM ALLAM MEDICA UMIAYU KECEMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2019.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Viki Awanda Pratiwi (vikiawanda6@gmail.com)
STUDI PENYEDIAAN AIR BERSIH DI RUMAH SAKIT UMUM ALLAM MEDICA UMIAYU KECEMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2019.
XVI + 101 halaman, gambar, tabel, lampiran

Rumah sakit mempunyai fungsi utama menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat penyembuhan dan pemulihan penderita penyakit, selain fungsi tersebut rumah sakit juga melakukan upaya pencegahan penyakit. Sistem penyediaan air bersih di rumah sakit merupakan bagian dari sanitasi rumah sakit yang mempunyai peranan penting dalam upaya pencegahan penyakit atau kejadian infeksi di rumah sakit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penyediaan air bersih di RSU Allam Medica Bumiayu.
Metode penelitian observasional, menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan crossectional. Subyek penelitian ini adalah air bersih yang digunakan di RSU Allam Medica Bumiayu. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan sumber air bersih di RSU Allam Medica Bumiayu diperoleh dari tiga sumber air tanah. Air dari sumber ditampung pada reservoir kemudian dialirkan ke ruangan-ruangan dengan pengolahan fisika dan kimia terlebih dahulu. Kuantitas air bersih yang dihasilkan perhari sebanyak 64 m3. Kualitas air bersih menunjukkan bahwa air bersih tidak berbau, tidak berasa, warna rata-rata 29,5, kekeruhan rata-rata 3,15 NTU, pH rata-rata 7,8, kadar besi rata-rata 0,27 mg/liter, sisa klor rata-rata 0,14 mg/liter sedangkan total koliform terendah 3 CFU per 100 ml sampel dan tertinggi 9 CFU per 100 ml sampel. Pengecekan sarana air bersih dilakukan sebulan sekali dan pemeriksaan kualitas air bersihdilakukan 6 bulan sekali.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kuantitas air bersih sudah mencukupi kebutuhan, namun kebutuhan air bersih untuk rawat jalan masih belum mencukupi. Parameter bau, rasa, warna, kekeruhan pH, besi dan total koliform sudah memenuhi syarat, sedangkan parameter sisa klor dan kegiatan pemeriksaan kualitas air bersih di rumah sakit belum memenuhi syarat. Saran bagi rumah sakit agar melakukan pengolahan kimiawi berupa klorinasi secara rutin dengan konsentrasi yang mencukupi sesuai persyaratan dan kegiatan pemeriksaan kualitas air bersih sebaiknya mengacu pada peraturan.

Daftar Bacaan :  25 (1990-2018)
Kata Kunci      :  Penyediaan Air Bersih, Rumah Sakit
Klasifikasi       :  -
Fulltext

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus