Rabu, 02 Oktober 2019

KUALITAS UDARA EMISI PLTGU PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) UNIT MUARA KARANG JAKARTA TAHUN 2019

                                                                                            Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
                                                                                              Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                             Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                                 Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                             Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Ani Nurochmah (anynur99@gmail.com)
KUALITAS UDARA EMISI PLTGU PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) UNIT MUARA KARANG JAKARTA TAHUN 2019
xv + 86 halaman : tabel , gambar, lampiran

Sumber pencemar tetap meliputi pembangkit tenaga listrik, tungku industri, dan tungku domestik menjadi penyumbang terbesar SO2, yaitu sebanyak 90,20 %. Kegiatan industri dengan cerobongnya menghasilkan emisi yang sangat tinggi berupa NOx, SOx, CO dan total suspended particulat (TSP) dari proses produksinya. Konsentrasi gas buang (NOx, SOx, CO dan total partikulat) yang melebihi baku mutu udara emisi maka dapat membahayakan kesehatan. Tujuan penelitian dalah untuk mengetahui operasional pembangkitan listrik, dimensi cerobong, kualitas udara emisi dan dampak pencemaran PLTGU Muara Karang PT. Pembangkitan Jawa Bali (PJB).
Jenis penelitian adalah deskriptif, pengukuran dilakukan pada lubang sampling cerobong dengan pengumpulan data sekunder. Parameter yang diukur adalah kadar Sulfur Dioksida (SO2), Nitrogen Dioksida (NO2), Karbon Monoksida (CO) dan total partikulat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk tabel, gambar dan narasi.
Hasil adalah operasional pembangkitan listrik di PLTGU Muara Karang melalui beberapa peralatan produksi yaitu kompresor, ruang bakar, turbin gas, heat recovery steam generator (HRSG), dan untuk proses bahan baku menggunakan air laut yang sudah melalui proses yaitu poses di desalination plant dan demin plant. Dimensi cerobong PLTGU Muara Karang memiliki masing – masing tinggi 60 meter dan diameter 4,25 meter. Hasil pengukuran parameter emisi, didapatkan hasil rerata di 3 (tiga) cerobong untuk Nitrogen Dioksida 167,4 mg/NM3, Sulfur Dioksida 10,77 mg/Nm3, Karbon Monoksida 12,47 mg/Nm3 dan Total Partikulat 5,76 mg/Nm3. Dampak pencemaran emisi Sulfur Dioksida (SO2), Nitrogen Dioksida (NO2), Karbon Monoksida (CO) dan total partikulat adalah iritasi mata, iritasi sistem pernafasan, iritasi tenggorokan, asma, tekanan darah,dan nyeri dada. Kualitas udara emisi PLTGU Muara Karang dengan hasil Nitrogen Dioksida dibawah baku mutu (400 mg/Nm3), Sulfur Dioksida dibawah baku mutu (150 mg/Nm3), dan total partikulat di bawah baku mutu (30 mg/Nm3).

Daftar Bacaan : 25 (1997- 2018)
Kata Kunci     : Kualitas Udara, Cerobong, Emisi
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar