Selasa, 01 Oktober 2019

STUDI SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH MENGGUNAKAN PENAMPUNGAN AIR HUJAN DI DESA BUMI DIPASENA JAYA KECAMATAN RAWAJITU TIMUR KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN 2018

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Porwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, 18 April 2019
Abstrak
Riska Mastarina Sembiring (riskamastarina02@gmail.com)
STUDI SISTEM PENYEDIAAN AIR BERSIH MENGGUNAKAN PENAMPUNGAN AIR HUJAN DI DESA BUMI DIPASENA JAYA KECAMATAN RAWAJITU TIMUR KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN 2018
xiv + 79 halaman: tabel, gambar, dan lampiran

Bumi Dipasena Jaya merupakan desa yang menjadikan air sebagai satu kebutuhan yang tak ternilai harganya. Kondisi air tanah yang asin dan keruh yang menyebabkan berpuluh-puluh tahun lamanya masyarakat mengandalkan air hujan untuk MCK, sementara untuk air konsumsi warga harus membeli air galon. Tujuan penelitian adalah mengetahui sistem penyediaan air bersih menggunakan penampungan air hujan di Desa Bumi Dipasena Jaya Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang.
Metode penelitian deskriptif dengan metode crosssectional. Subyek penelitian ini adalah sistem penyediaan air bersih menggunakan penampungan air hujan di Desa Bumi Dipasena Jaya Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang.
Hasil penelitian menunjukkan kondisi bak PAH sudah baik. Kualitas air bersih yang diperiksa pada 6 bak PAH menunjukkan bahwa air tidak berbau, tidak berasa, suhu rata-rata 31 0C, kekeruhan rata-rata < 5 NTU, pH rata-rata 6, kuantitas air bersih adalah 90,86 dan 123,74 liter/orang.hari. Kontiunitas air bersih tersedia terus menerus apabila musim penghujan. Aksesibilitas air bersih mudah didapat namun belum dialirkan langsung ke rumah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas dan kuantitas air bersih memenuhi syarat. Air tersedia kontinui apabila musim hujan. Tingkat aksesibilas air bersih belum optimal. Disarankan bagi Desa Bumi Dipasena Jaya agar memperbaiki kondisi bak PAH yang belum memenuhi syarat, mengolah air payau untuk pemenuhan kontinuitas, serta membuat perpipaan sederhana untuk memudahkan aksesibilitas.

Daftar bacaan : 26 (1984 - 2018)
Kata Kunci     : Penyediaan Air Bersih, Penampungan Air Hujan Desa
Klasifikasi      : -
Fulltex

Tidak ada komentar:

Posting Komentar