Rabu, 02 Oktober 2019

PENILAIAN KONDISI SANITASI DAN PERSONAL HYGIENE SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR DESA PURWANEGARA KABUPATEN BANYUMA

Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
ABSTRAK
Desi Kirana Sari (desikirana6@gmail.com)
PENILAIAN KONDISI SANITASI DAN PERSONAL HYGIENE SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR DESA PURWANEGARA KABUPATEN BANYUMAS
XVI+ 57halaman, tabel, gambar, lampiran

Pondok pesantren dikenal sebagai tempat belajar santri dan santriwati dalam mendalami ilmu agama islam. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan di Pondok Pesantren Darul Abror ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat. Tujuan  penelitian Pondok Pesantren Darul Abror untuk mengetahui lebih lanjut keadaan sanitasi di lingkungan pondok pesantren.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan pengamatan, pengukuran dan wawancara.Hasil dimasukan dalam bentuk narasi dan tabel, kemudian di analisis dan dibandingkan dengan peraturan yang ada.
Hasil penelitian Sanitasi Pondok Pesantren Darul Abror termasuk dalam kategori tidak memenuhi syarat dengan nilai <1 .060.kondisi="" 16="" 26="" 2="" 32="" 34="" 38="" 4="" 63="" 68="" baik="" bangunan="" belum="" berjumlah="" bersih="" cukup="" dan="" dengan="" dilengkapi="" fisik="" hidup="" hunian="" kamar="" kelembaban="" kepadatan="" kualitas="" lingkungan="" luas="" lux="" m2="" oc="" orang="" p="" pagar.="" pencahayaan="" per="" perilaku="" presentase="" ruang="" santri="" sehat="" sudah="" suhu="" terawat="" terlihat="" udara="" ventilasi="">
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Sanitasi Pondok Pesantren Darul Abror termasuk dalam kategori tidak memenuhi syarat, beberapa komponen yang belum memenuhi syarat yaitu masih banyak sampah berserakan di halaman pondok pesantren, kepadatan penghuni, pencahayaan, kelembaban, pembuangan air limbah, pengelolaan sampah. Adapun saran, yaitu penambahan lubang penghawaan/ ventilasi atau pemberian penghawaan mekanik, penambahan penerangan, pembuatan septictank.

Daftar bacaan : 15 (2000 - 2017)
Kata kunci      : Pondok Pesantren,Personal Hygiene, Sanitasi
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar