Senin, 07 Oktober 2019

STUDI KUALITAS AIR LIMBAH HOME INDUSTRY TAHU Z DI DESA CIPEUJEUH KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON TAHUN 2019

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Fikri Trijulianto (triejuliantofikrie@gmail.com)
STUDI KUALITAS AIR LIMBAH HOME INDUSTRY TAHU Z DI DESA CIPEUJEUH KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON TAHUN 2019 
XV+ 51 halaman : tabel, gambar, lampian

Perkembangan industri di Indonesia sekarang ini berlangsung sangat pesat seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu home industry yang ada di Indonesia adalah home industry tahu. Proses pembuatan tahu menghasilkan air limbah yang berpotensi menjadi masalah bagi lingkungan sekitarnya karena pada umumnya home industry tahu mengalirkan langsung air limbahnya ke solokan atau sungai sehingga berpotensi mencemari lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air limbah home industry Tahu Z di Desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon tahun 2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan memberikan gambaran tentang kualitas air limbah home industry tahu z di Desa Cipeujeuh Wetan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Data berisi hasil pengamatan yang disajikan dalam bentuk narasi dan tabel.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa pemilik home industry Tahu Z di Desa Cipejeuh Wetan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon mengalirkan seluruh air limbahnya ke solokan atau sungai yang berpotensi mencemari air permukaan. Hasil pemeriksaan pada outlet menunjukkan suhu 26,8 oC, TSS 1.067 mg/ l, BOD 728 mg/ l, pH 4,14.
Kesimpulan : kualitas fisik dan kimia tidak memenuhi syarat yaitu pH 4,14, TSS 1.067 mg/ l dan BOD 728 mg/ l,. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 tahun 2014 tentang Baku Mutu Air Limbah yaitu ph 6-7, TSS 200 mg/ l dan BOD 150 mg/. Oleh karena itu disarankan untuk Home Industry Tahu Z Kabupaten Cirebon lebih memperhatikan air limbah tahu berdasarkan baku mutu air limbah, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon diharapkan untuk meningkatkan penyuluhan dan pembinaan terkait air limbah tahu.

Daftar bacaan : 26 (1982 – 2019)
Kata Kunci : air limbah tahu
Klasifikasi : -
Fulltext

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus