Minggu, 06 Oktober 2019

STUDI PENYEDIAAN AIR BERSIH SUMUR GALI MASYARAKAT DI DESA KECEPIT KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, April 2019
Abstrak
Dewi Sri Wahyuni (dsriwahyuni085@gmail.com)
STUDI PENYEDIAAN AIR BERSIH SUMUR GALI MASYARAKAT DI DESA KECEPIT KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2019
xvi + 90 halaman: tabel, gambar, lampiran

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang diperlukan untuk hajat hidup orang banyak, bahkan oleh semua makhluk hidup. Penyediaan air bersih yang tidak memenuhi syarat dapat menimbulkan dampak kesehatan bagi penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyediaan air bersih di Dusun Silawi RT 02/03 Desa Kecepit, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan crossectional. Subyek penelitian ini adalah air bersih sumur gali masyarakat di Dusun Silawi RT 02/03 Desa Kecepit, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara dengan objek yang akan diperiksa adalah kualitas air dan kuantitas air bersih.Data hasil penelitian disajikan dengan mendeskripsikan data dalam bentuk table, dan narasi.
Hasil penelitian menunjukan sumber air di Dusun Silawi RT 02/03 Desa Kecepit, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara diperoleh dari air tanah yaitu sumur gali. Air dari sumber di tampung di reservoir yang dialirkan menggunakan pompa listrik dan didistribusikan menggunakan pipa PVC. Air tersebut tidak dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Jumlah pemakaian air bersih di Dusun Silawi RT 02/03 Desa Kecepit, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara sebanyak 174,32 liter/orang/hari, sehingga kebutuhan air di Dusun Silawi RT 02/03 Desa Kecepit, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara terpenuhi. Kualitas air bersih yang diperiksa pada tiga titik menunjukan bahwa air bersih tidak berbau dan tidak berasa. Kekeruhan semuanya menunjukan hasil <5 0.9="" 0="" 23="" 26="" 27="" 43="" 7.="" 93="" besi="" colifom="" coliform.="" coliform="" dan="" golongan="" hasil="" kadar="" l.="" l="" menunjukkan="" mg="" ml="" mpn="" ntu.="" p="" ph="" semuanya="" suhu="" tcu.="" tcu="" tds="" total="" warna="">
Simpulan dari penelitian ini adalah sumber air berasal dari sumur gali dan pendistribusiannya sudah memenuhi syarat. Kuantitas air bersih sudah mencukupi kebutuhan. Parameter bau, warna, TDS, rasa, suhu, kekeruhan, pH, dan kadar besi sudah memenuhi syarat, sedangkan parameter total Colifom satu sampel tidak memenuhi syarat. Saran sebaiknya perlu dilakukan pengolahan air bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri colifom, rutin membersihkan reservoir dan masyarakat harus memperbaiki konstruksi sumur gali.

Daftar Bacaan : 28 (1983-2017)
Kata Kunci     : Penyediaan Air Bersih; Sumur Gali; Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi      : -

1 komentar:

  1. Saya sedang mencari cari referensi dan belajar seputar sumur dan jenis air untuk usaha Cuci Tandon Air di Solo. Terimakasih, sangat bermanfaat sekali tulisannya.

    BalasHapus