Minggu, 13 Oktober 2019

STUDI PENGELOLAAN AIR BERSIH DI BAGIAN PRODUKSI KESUGIHAN PDAM TIRTA WIJAYA KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Rozi Qohtun Widarapuri (roziqohtunw@gmail.com)
STUDI PENGELOLAAN AIR BERSIH DI BAGIAN PRODUKSI KESUGIHAN PDAM TIRTA WIJAYA KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019
XII + 62 halaman : gambar, tabel, lampiran

Instalasi Pengelolaan Air Bersih Kesugihan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Bagian Produksi Kesugihan bertanggung jawab untuk penyediaan air bersih dan pengawasan kualitas air yang didistribusikan ke pelanggan. Tujuan penelitian untuk mengetahui sistem pengelolaan air bersih di Bagian Produksi Kesugihan PDAM Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap.
Metode penelitian adalah deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah proses pengelolaan air bersih. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan berisi hasil penelitian yang dibandingkan dengan standar persyaratan menurut Permenkes RI No. 32 Tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum.
Hasil penelitian  susunan organisasi bagian produksi sudah tersusun dengan baik tetapi masih kurang untuk karyawan bagian laboratorium. Tahap pengolahan air bersih yaitu intake, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, desinfeksi, reservoir. Hasil evaluasi pengolahan air bersih dari data yang diambil satu bulan sudah memenuhi syarat membandingkannya dengan baku mutu yang berlaku. Di bagian produksi kesugihan tidak ada bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tetapi untuk yang bertanggung jawab mengenai Alat Pelindung Diri (APD) yaitu Sub Bagian Instalasi Pengolahan Air.
Simpulan dari penelitian ini Bagian Produksi Kesugihan membutuhan karyawan untuk bagian laboratorium.Tahapan pengolahan air bersih sudah baik dan melalui proses secara urut, hasil dari data evaluasi pengolahan air bersih sudah memenuhi syarat. Saran dari peneliti yaitu dibentuknya bagian organisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Daftar bacaan : 8 (2003 – 2018)
Kata Kunci     : PDAM, Pengelolaan Air Bersih
Klasifikasi      :
Fulltext

1 komentar: