Senin, 07 Oktober 2019

DESKRIPSI KEBERADAAN JENTIK Aedes Sp DI PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARI “PABRIK SEMEN BIMA”KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kementerian Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma II I Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Aniq Maeladi (maeladianiq@gmail.com)
DESKRIPSI KEBERADAAN JENTIK Aedes Sp DI PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARI “PABRIK SEMEN BIMA”KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019
XIV+ 67: gambar, tabel, lampiran

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan dapat menular melalui gigitan nyamuk Aedes Sp. penyakit DBD mrupakan penyakit infeksi, secara epidemiologi penyakit infeksi dapat dipengaruhi tiga oleh faktor yaitu host (manusia yang rentan), agent (penyebab sakit) dan lingkungan. Lingkungan sendiri terbagi menjadi tiga yaitu lingkungan fisik, biologi dan sosial ekonomi. Di dalam lingkungan sosial ekonomi salah satunya adalah pekerjaan. Potensi penularan penyakit infeksi seperti DBD dapat juga terjadi pada lingkungan pekerjaan,salah satunya adalah lingkungan industri. PT. Sinar Tambang Arthalestari adalah produsen dari semen bima. Pabrik Semen Bima terletak di Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Pabrik Semen Bima merupakan salah satu industri yang berpotensi menjadi menjadi lingkungan terjadinya penularan penyakit DBD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pesentase House Index (HI), Container Index (CI), Breteu Index (BI), Angka Bebas Jentik (ABJ), kontainer Controllable Sites (CS) dan Disposable Sites (DS) serta Densty Figure di PT.Sinar Tambang Arthalestari “Pabrik Semen Bima”.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan cara melakukan survei kontainer menggunakan intrumen survei jentik. Metode yang digunakan adalah metode visual.
Hasil ditemukan 65 kontainer yang terdiri dari 20 macam kontainer. Dari 65 kontainer terdapat 13 kontainer yang positif jentik. Survei dilakukan pada 16 bangunan di di PT.Sinar Tambang Arthalestari “Pabrik Semen Bima” dan terdapat 7 bangunan yang positf jentik. hasil perhitungan didapatkan hasil HI 43.75%, CI 20%, BI 81.25% , ABJ 56.25%, CS 35%, DS (65%) dan DF 6.
Berdasarkan hasil perhitungan Density Figure (DF) yang didasari dari 3 indikator (HI,BI,CI) PT.Sinar Tambang Arthalestari “Pabrik Semen Bima” Termasuk dalam daerah merah, yaitu derajat penularan penyakit oleh larva tinggi, perlu pengendalian segera. Saran yang direkomendasikan oleh peneliti adalah bekerja sama dengan Puskesmas Setempat untuk melakukan kegiatan PSN 3 M Plus.

Daftar bacaan :  21, (1992-2017)
Kata kunci      :  DBD, kontainer, Aedes
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar