Senin, 07 Oktober 2019

KADAR FOSFAT DI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH RSUD AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, April 2019
Abstrak
Anisatul Baitinajib (anisatulbaiti18@gmail.com)
KADAR FOSFAT DI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH RSUD AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019
xvii + 94 halaman : tabel, gambar, lampiran

Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang merupakan rumah sakit tipe C milik Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar fosfat di outlet IPAL RSUD Ajibarang dari bulan Januari – September 2018 1,209 mg/L - 2,565 mg/L. Hal ini menunjukkan bahwa kadar fosfat di IPAL RSUD Ajibarang masih ada yang melebihi baku mutu yang ditetapkan sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 5 Tahun. Tujuan penelitian, untuk mengetahui kadar fosfat di instalasi pengolahan air limbah RSUD Ajibarang.
Metode penelitian deskriptif.Subyek penelitian ini adalah air limbah di Instalasi Pengolahan Air Limbah RSUD Ajibarang.
Hasil penelitian sumber limbah cair yang potensial mengandung fosfat berasal dari Instalasi laundry, Kerumah Tanggaan, Instalasi gizi dan kantin. Hasil pemeriksaan sampel tidak memenuhi syarat sesuai dengan Perda Jateng No. 5 tahun 2012 yaitu sampel inlet sebesar 15,5 mg/l dan outlet sebesar 11,9 mg/l. Pengolahan khusus kadar fosfat di IPAL RSUD Ajibarang perlu dilakukan yaitu dengan menambahkan unit wet land.
Kesimpulan bahwa kadar fosfat di Instalasi Pengolahan Air Limbah RSUD Ajibarang pada bulan April Tahun 2019 tidak memenuhi syarat sesuai dengan Perda Jateng No. 5 tahun 2012. Belum ada pengolahan khusus untuk menurunkan kadar fosfat. Disarankan RSUD Ajibarang melakukan pengolahan khusus untuk menurunkan kadar fosfat dengan menambahkan menambahkan unit wet land.

Daftar bacaan : 27 (1987-2018)
Kata kunci      : Fosfat, Limbah Cair, Rumah Sakit
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar