Selasa, 24 Desember 2013

STUDI SANITASI PANTI ASUHAN

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012

Abstrak
Resti Dwi Minarni (cresti86'yahoo.co.id)
STUDI SANITASI PANTI ASUHAN HARAPAN MULIA MERSI DI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012
XV+107 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Panti asuhan adalah suatu lembaga pemerintah atau masyarakat untuk membantu atau memberikan bantuan terhadap individu, kelompok masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup, panti asuhan merupakan tempat untuk menampung banyak orang yang memungkinkan terjadinya masalah kesehatan dan sanitasi, tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi sanitasi panti asuhan meliputi fasilitas sanitasi, ruang dan bangunan, penyediaan air bersih, makanan dan minuman, pengelolaan sampah, pembuangan tinja dan air limbah, pengendalian vektor, penanganan linen, perilaku hidup bersih dan sehat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Subjek ini adalah tentang kondisi sanitasi Panti Asuhan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan pengukuran. Analisis data yang digunakan secara deskriptif untuk menggambarkan kondisi panti asuhan dari hasil penelitian.
Hasil penelitian yang diperoleh kondisi sanitasi panti asuhan yaitu fasilitas sanitasi seperti kamar mandi dan alat-alat kebersihan tersedia dengan jumlah cukup dan kondisi balk, sanitasi ruang dan bangunan 56,4% (cukup baik), penyediaan air bersih 66,9% (cukup baik), sanitasi makanan dan minuman 73,1% (cukup baik), pengelolaan sampah 46,5% (cukup baik), pembuangan tinja dan air limbah 63,3% (cukup baik), pengendaalian vektor 55% (cukup baik), penanganan linen 80% (baik), perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) 59,2% (cukup baik).
Simpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah kondisi sanitasi panti asuhan diperoleh hasil 66,9% (cukup balk) dan termasuk kategori memenuhi syarat, penilaian diambil dari penggabungan hasil checklis dan kuisioner. Saran sebaiknya semua penghuni panti asuhan selalu menjaga dan merawat kebersihan lingkungan, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat agar tercipta kondisi nyaman dan sehat. 

Daftar bacaan  : 26 (1990-2012)
Kata kunci       : sanitasi panti asuhan
Klasifikasi        : -

2 komentar:

  1. mohon di poskan jurnal tentang studi sanitasi panti asuhannya yg lengkap..
    terima kasih

    BalasHapus
  2. mohon di poskan jurnal studi sanitasi panti asuhan yg lengkap.. agar membatu buat siswa/i yg lainya.. terima kasih

    BalasHapus