Selasa, 17 Desember 2013

STUDI ANGKA KUMAN MAKANAN PADA PEDAGANG NASI RAMES DI JALAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012

Abstrak 
Okti Maulita Dewi (oktimaulita@ymail.com)
STUDI ANGKA KUMAN MAKANAN PADA PEDAGANG NASI RAMES DI JALAN PERENG PURWOKERTO TAHUN 2012. 
xvi+ 92 halaman: tambel, lampiran, gambar  

Makanan merupakan kebutuhan terpenting bagi manusia. Makanan yang diproduksi oleh manusia harus memiliki nilai gizi yang tinggi, mempunyai bentuk yang menarik, aman, dan tidak mengandung mikroorganisme dan bahan-bahan kimia dan tidak menimbulkan penyakit.
Tujuan penelitian adalah menghitung angka kuman makanan pada pedagang nasi rames, dengan melihat perilaku penjamah makanan, dan mendeskripsikan gambaran 6 (enam) prinsip hygiene sanitasi makanan pada pedagang nasi rames. 
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari pedagang nasi rames di Jalan Pereng Purwokerto, dengan cara observasi, dan pemeriksaan di laboratorium yang kemudian diketahui hasil angka kuman pada nasi rames.
Hasil penelitian dari observasi pengolahan makanan dari proses pemilihan bahan makanan sampai penyajian makanan yang dilakukan pada pedagang nasi rames di Jalan Pereng sudah memenuhi syarat, dengan hasil prosentase untuk BI 67,5%, BB 73,75%, BI 70%, PB 75%, dan BL 68,75. Hasil pemeriksaan angka kuman pada nasi rames, dengan sampel sebanyak 5 sampel nasi rames hanya satu sampel makanan yang hasil pemeriksaanya di atas standart yang ditetapkan. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan hygiene sanitasi makanan pada lima pedagang nasi rames di Jalan Pereng Purwokerto sudah memenuhi syarat, yaitu dengan skore 70,6%. Lima sampel nasi rames yang diperiksa hanya satu sampel yang positif. Saran yang dapat diberikan kepada pedagang nasi rames di Jalan Pereng Purwokerto untuk selalu menjaga kebersihan tempat pengolahan makananan dan bagi penjamah diadakan pelatihan tentang pengolahan makanan dan minuman atau penempelan stiker cukup baik tentang pengolahan makanan dan minuman pada area Jalan Pereng Purwokerto, serta diharapkan bagi pedagang nasi rames untuk tidak menyimpan sisa makanan, untuk dihangatkan dan dijual kembali keesokan harinya.  

Daftar bacaan : 28 (1985-2012)
Kata kunci      : Penjamah makanan,  angka   kuman makanan
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar