Senin, 16 Desember 2013

STUDI SANITASI RUMAH TYPE 29 DITINJAU DARI ASPEK PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah,  Juni 2012


Abstrak
Mustikasari Kusumaningtyas  ( mustika_jkl@yahoo.com )
“STUDI SANITASI RUMAH TYPE 29 DITINJAU DARI ASPEK PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT DI GRIYA SATRIA MANDALATAMA KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012” 
xviii + 92 halaman: gambar, tabel, lampiran

Rumah harus memenuhi syarat teknis dan syarat sanitasi agar terhindar dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan.Hal negatif yang dapat ditimbulkan oleh suatu rumah yang tidak sehat salah satunya adalah timbulnya penyakit terutama penyakit menular. Lingkungan perumahan yang tidak sehat akan mendukung perkembangbiakan kuman penyakit. Rumah type 29 termasuk rumah dengan type sederhana.

Penelitian ini dilaksanakan di Griya Satria Mandalatama Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas dengan tujuan untuk mengetahui kondisi sanitasi rumah type 29 ditinjau dari aspek pencegahan penularan penyakit.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama 7 hari. Melalui kegiatan wawancara 30 responden pemilik rumah type 29 disertai pengisian checklist rumah sehat. Selain itu juga melakukan pengukuran ventilasi dan kepadatan penghuni menggunakan roll meter, serta pengukuran intensitas cahaya menggunakan lux meter. Data sekunder dari kantor Kelurahan Karanglewas Kidul dan PT Bina Agung Damar Buana.

Hasil penelitian menunjukkan dari 30 rumah type 29 yang diteliti semua tergolong rumah sehat. Variabel memenuhi syarat yaitu penyediaan air bersih 96,7%, pembuangan sampah 96,7%, pembuangan tinja 93,4%, pengelolaan limbah 30%, ventilasi 93,4%, intensitas cahaya 93,4%, kepadatan penghuni 96,7%, pencegahan vektor dan binatang pengganggu 93,4%.
Peneliti menyimpulkan rumah type 29 sudah memenuhi syarat kesehatan dilihat dari aspek pencegahan penularan penyakit. Perlu adanya perbaikan sarana sanitasi fisik yang kurang memenuhi syarat kesehatan. Penelitian lanjutan perlu dilakukan pada faktor resiko lain yang mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap terjadinya penularan penyakit.

Daftar bacaan : 21  ( 1985-2012 )
Kata Kunci     : Sanitasi Rumah, Rumah Sehat
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar