Selasa, 24 Desember 2013

KUALITAS MIKROBIOLOGI AIR SUMUR GALI DI DESA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwoketo
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah,  Juni 2012

Abstrak
Tenti Hendiarti  

KUALITAS MIKROBIOLOGI AIR SUMUR GALI DI DESA PANGEBATAN  
KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN 2012  

XIV + 52 halaman : lampiran, tabel, gambar

Sumur gali merupakan sarana untuk mendapatkan air tanah yang bisa dipakai sebagai sumber air bersih. Air bersih yang didapatkan dari sumur gali harus memenuhi syarat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah Coliform pada air sumur gali, dan mengetahui kondisi sanitasi sumur gali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan dalam menganalisis hasil menggunakan analisis tabel. Subjek penelitian air sumur gali beserta sumur galinya. Data diambil dengan metode observasi dan analisa laboratorium.
Hasil penelitian dilakukan pemeriksaan terhadap Coliform pada air sumur gali menunjukkan hasil 230 - 930 Coliform/100ml yaitu 3 sumur gali dan >1000 Coliform/ 100ml yaitu 10 sumur gali. Serta kondisi sumur gali yang masih belum memenuhi syarat, diantaranya jarak sumber pencemar dengan sumur gali masih berada ≤ 10 meter, belum terdapat penutup sumur,dll. Hal ini akan berisiko terhadap kualitas air yang digunakan.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah jumlah Coliform dalam air sumur gali tidak sesuai dengan standar yang berlaku. Diharapkan agar masyarakat memperhatikan konstruksi sumur gali dalam membangun sumur gali, jika sudah mempunyai sumur gali harus menjaga dan merawatnya agar tetap dalam kondisi yang saniter. Karena hal tersebut berpengaruh terhadap kandungan bakteri Coliform dalam air sumur gali dan bisa menyebabkan penyakit gastroenteritis. 
Untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut maka tindakan pencegahan dengan desinfeksi menggunakan kaporit dengan cara chlorin difuser, dan apabila untuk dikonsumsi maka air harus dimasak sampai matang.

Daftar bacaan : 23 (1958-2012)
Kata kunci      : Coliform, Sumur Gali
Klasifikasi       :  -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar