Selasa, 17 Desember 2013

STUDI KOMPARASI TOTAL BAKTERI Coliform BAHAN BAKU ES BATU DAN ES BATU PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan  Prwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah,  Juli 2012  

Abstrak  

Restuti (tuvye.cho@gmail.com)
STUDI KOMPARASI TOTAL BAKTERI  Coliform BAHAN BAKU ES BATU DAN ES BATU PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MERSI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR TAHUN 2012 
xviii + 114 halaman: gambar, tabel, lampiran

 Es batu merupakan bahan pendingin minuman yang banyak diminati oleh
semua kalangan masyarakat dan secara umum dianggap aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi bahan baku yang digunakan dapat terkontaminasi mikroorganisme pathogen golongan Coliform akibat adanya kontaminasi tinja pada sumber bahan baku, khususnya air sumur gali.
Tujuan Penelitian untuk mengetahui perbedaan total bakteri Coliform bahan baku es batu dan es batu pada industri rumah tangga di Kelurahan Mersi, khususnya yang menggunakan air sumur gali sebagai sumber bahan baku.
Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik observasional untuk memperoleh perbadaan dari dua sampel tidak berpasangan dengan metode cross sectional. Variabel Penelitian ini antara lain variabel bebas (hygiene sanitasi makanan dan minuman), variabel terikat (total bakteri Coliform bahan baku es batu dan es batu). Pengumpulan data dilakukan dengan pemeriksaan total bakteri Coliform di Laboratorium Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto. Data disajikan dalam bentuk narasi terstruktur dan tabel. Analisis data menggunakan T-Test Independent Sample. 
Hasil Penelitian yang diperoleh adalah rata-rata total bakteri Coliform bahan baku sebesar 1052 MPN/100ml, rata-rata total bakteri Coliform es batu sebesar 589 MPN/100ml atau 6/gram dan skore penerapan hygiene sanitasi makanan dan minuman adalah 56,5% atau memenuhi syarat. Berdasarkan uji statistik, nilai signifikan (2-tailed) 0,331 lebih besar dari (>) nilai α (0,05), sehingga tidak ada perbedaan total bakteri Coliform bahan baku es batu dan es batu. 
Peneliti menyimpulkan bahwa total bakteri Coliform bahan baku es batu sebesar 1052 MPN/100ml dan total bakteri Coliform es batu sebesar 589 MPN/100ml atau 6/gram karena penanganan bahan baku dan kebersihan peralatan yang digunakan belum memenuhi syarat. Berdasarkan uji statistik, tidak ada perbedaan total bakteri Coliform bahan baku es batu dan es batu. Jadi, disarankan kepada produsen es batu agar melakukan desinfeksi bahan baku es batu terlebih dahulu sebelum dibekukan menjadi es batu. 
 
Daftar bacaan : 38 (1985-2012)
Kata kunci      : Es Batu
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar