Senin, 16 Desember 2013

STUDI TENTANG PENGENDALIAN KECELAKAAN KERJA



Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, 29 Juni 2012

Abstrak
Ari Susia Dewanti (arisusiadewanti@yahoo.com)
STUDI TENTANG PENGENDALIAN KECELAKAAN KERJA DI UNIT FINISH MILL PT. HOLCIM INDONESIA Tbk. CILACAP PLANT TAHUN 2011
xvi + 110 halaman, tabel, gambar, lampiran

Bahan, alat, mesin, proses produksi dan lingkungan kerja berpotensi menimbulkan bahaya dan mengakibatkan kecelakaan kerja. Identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko di PT. HOLCIM Indonesia Tbk. Cilacap Plant merupakan hal yang wajib dilaksanakan sesuai ketentuan dari OHSAS 18001 untuk meminimalisir kecelakaan kerja. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko yang ada di unit finish mill PT. HOLCIM Indonesia Tbk. Cilacap Plant. 

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder tahun 2011. Subyek penelitian ini adalah identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko kecelakaan kerja di Unit Finish Mill PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant. pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk tabel, gambar, diagram dan narasHasil penelitian ini yaitu sumber bahaya yang ada di Unit Finish Mill ada 112 bahaya, meliputi bahan, alat, mesin, proses produksi dan lingkungan kerja. Penilaian risiko terhadap bahaya tersebut ada 3 yaitu low, medium dan substantial yang terbagi dalam 4 risiko substansial, 15 risiko medium dan 93 risiko rendah. Pengendalian risiko yang dilakukan dengan 3 upaya yaitu teknis (engineering), administrasi dan alat pelindung diri.
Simpulan dari penelitian ini yaitu sumber bahaya di Unit Finish Mill PT.HOLCIM Indonesia Tbk. Cilacap Plant berasal dari bahan, alat, mesin, proses produksi dan lingkungan kerja. Penilaian risiko bahaya yang ada di Unit Finish Mill ada 3 yaitu low, medium dan substantial. Upaya pengendalian yang dilakukan yaitu pengendalian teknis (engineering), administrasi dan alat pelindung diri. Saran bagi OHS department agar dalam HIRARC dicantumkan ditampilkan langsung sub jenis pengendalian yang direkomendasikan, agar tiap manager area memahami dan dapat dengan mudah menentukan pengendalian apa yang akan diterapkan. Bagi pekerja agar bekerja sesuai dengan SOP yang sudah ada dan menggunakan APD saat bekerja serta saling mengingatkan dalam penggunaan APD.

Daftar bacaan : 1970-2012 (22)
Kata kunci       : identifikasi bahaya, penilaian risiko, pengendalian risiko, HIRARC
Klasifikasi       : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar