Senin, 16 Desember 2013

HUBUNGAN ANTARA SANITASI ASRAMA, PENGETAHUAN DAN PERSONAL HYGIENE SANTRI DENGAN KEJADIAN SCABIES DI PONDOK PESANTREN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012
 
Abstrak 
Dwi Ari Budhiarti (dwiari.budhiarti_@yahoo.co.id)
HUBUNGAN ANTARA SANITASI ASRAMA, PENGETAHUAN DAN PERSONAL HYGIENE SANTRI DENGAN KEJADIAN SCABIES DI PONDOK PESANTREN ROUDHLOTUL QURAN DESA SIRAU KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012
XVI + 63 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Scabies merupakan salah satu penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Di Indonesia scabies dikenal sebagai penyakit kudis. Kulit terasa gatal di malam hari dan terdapat vesikula kecil berisi cairan bening. Reservoir Scabies adalah manusia, penularan terjadi secara langsung dari orang ke orang ataupun lewat perantara benda. Banyak faktor yang mempengaruhi penularan penyakit scabies, diantaranya kondisi sanitasi lingkungan yang buruk, pengetahuan dan personal hygiene.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara sanitasi asrama, pengetahuan dan personal hygiene santri dengan kejadian Scabies di Pondok Pesantren Roudhlotul Quran Desa Sirau Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas (sanitasi asrama, pengetahuan santri, personal hygiene santri), variabel terikat (kejadian scabies) dan variabel pengganggu (kualitas air). Sampel penelitian ini adalah santri yang tinggal di Pondok Pesantren Roudhlotul Quran Sirau. Penentuan sampel dengan menggunakan propotional random sampling  sebanyak 40 orang. analisis data menggunakan uji  statistik Chi Square (x2).
Hasil penelitian menggunakan uji statistik Chi Square (x2) analisis bivariat sanitasi asrama (p= 0,194, OR= 3,231) tidak ada hubungan antara sanitasi asrama dengan kejadian scabies, pengetahuan (p= 0,155, OR= 0,152) tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan kejadian scabies, personal hygiene (p= 0,012, OR= 12) ada hubungan antara personal hygiene dengan kejadian scabies di  Pondok Pesantren Roudhlotul Quran Sirau.  
Kesimpulanya faktor risiko sanitasi asrama dan pengetahuan tidak ada hubungan dengan kejadian scabies, sedangkan faktor risiko personal hygiene
menunjukkan ada hubungan dengan kejadian scabies di Pondok Pesantren Roudhlotul Quran. Saran berdasarkan hasil penelitian santri pondok pesantren hendaknya selalu menerapkan personal hygiene yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kepustakaan  : 26 (1998-2012)
Kata kunci     : Scabies, pondok pesantren, personal hygiene
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar