Senin, 16 Desember 2013

HUBUNGAN ANTARA SIKAP KERJA DUDUK DENGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PEKERJA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                  Karya Tulis Ilmiah,  Juni 2012

Abstrak
Elias Habibi (abie_lavigne@yahoo.com)
HUBUNGAN ANTARA SIKAP KERJA DUDUK DENGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PEKERJA BAGIAN GUNTING di PT. ROYAL KORINDAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012
xvi + 105 halaman, tabel, gambar, lampiran 

Kelelahan adalah keadaan yang disertai penurunan efisiensi dan ketahanan dalam bekerja. Lelah bagi setiap orang akan mempunyai arti tersendiri dan bersifat subyektif. Pekerjaan menggunting merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan sikap kerja duduk dan membutuhkan ketelitian tinggi, dan jika tidak didukung dengan sarana meja dan kursi kerja yang sesuai, dapat menimbulkan keluhan  keluhan seperti kelelahan pada pekerja, karena terjadinya penekanan pada otot tubuh tertentu yang digunakan untuk menahan anggota tubuh yang lain, yang tidak bisa ditahan oleh sarana meja dan kursi kerja.
Tujuan penelitian ini yaitu  untuk mengetahui  hubungan antara sikap kerja duduk dengan kelelahan subyektif pada pekerja bagian gunting di PT. Royal Korindah Kabupaten Purbalingga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer meliputi pengukuran kelelahan kerja, observasi dan wawancara pada pekerja bagian gunting dan pengukuran suhu, kelembaban, dan beban kerja. Sedangkan, data sekunder dalam penelitian ini yaitu data mengenai kondisi PT. Royal Korindah. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi bdan pengukuran, Sampel dalam penelitian yaitu 30 pekerja pada bagian gunting, dan analisis data menggunakan uji statistik Chi square.
Hasil penelitian ini yaitu tidak ada hubungan antara sikap kerja duduk dengan kelelahan subyektif pada 30 sampel pekerja bagian gunting PT. Royal Korindah. Hasil uji statistik menunjukan bahwa nilai p-value lebih besar dari α (0,05). Hasil pengukuran suhu sebesar 310C, kelembaban 59%, beban kerja sebanyak 28 pekerja mengalami kelelahan ringan dan 2 pekerja mengalami kelelahan sangat ringan. Sedangkan untuk pengukuran kelelahan bahwa 23 pekerja mengalami kelelahan ringan dan  7 pekerja mengalami kelelahan normal. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara sikap kerja duduk pekerja pada bagian gunting dengan kelelahan subyektif di PT. Royal Korindah. Saran untuk pihak perusahaan dapat menambah ventilasi, exhauster, dan air conditioning untuk menstabilkan suhu ruangan dan alas meja dibuat miring 450C untuk menhindari sikap pekerja yang membungkuk. 

Daftar bacaan : 16 (2000  2011)
Kata kunci      : Sikap Kerja Duduk, Kelelahan Subyektif
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar