Senin, 16 Desember 2013

KOMPARASI KESUKAAN NYAMUK Anopheles sp TERHADAP BERBAGAI WARNA LAMPU



Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemankes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012
 
Abstrak

Wahyu Budiono (mazbudi25@ymail.com)
KOMPARASI KESUKAAN NYAMUK Anopheles sp  TERHADAP BERBAGAI WARNA LAMPU DI KELURAHAN WANGON KECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2012
XV + 59 halaman: 6 tabel, 4 gambar, 12 lampiran

Light trap merupakan salah satu alat penangkap nyamuk dalm kegiatan survey vektor. Alat ini menggunakan sinar lampu karena nyamuk sangat tertarik pada cahaya (phototropic), dengan lampu yang digunakan adalah lampu listrik 25 watt sebagai penarik nyamuk. Light trap merupakan salah satu metode untuk mengetahui kepadatan populasi nyamuk Anopheles sp guna pemilihan metode pengendalian vektor malaria.  
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kesukaan nyamuk terhadap berbagai warna lampu. 

Metode penelitian ini bersifat pre experiment dengan desain one case shoot study untuk mengetahui perbedaan warna lampu pada light trap terhadap jumlah nyamuk Anopheles sp yang terperangkap dengan menggunakan cahaya lampu bening, merah, kuning, hijau, biru, dan putih, replikasi sebanyak 3 kali.
        Hasil penelitian diperoleh jumlah nyamuk Anopheles sp yang terperangkap pada Light trap dengan warna cahaya yang berbeda, yang terbanyak pada lampu hijau yaitu sebanyak 12 ekor dengan rata – rata 4 ekor/ malam sedangkan yang paling sedikit pada lampu merah yaitu sebanyak 7 ekor dengan rata – rata 2,33 ekor/ malam. Dari data hasil uji Kruskal Wallis dengan α 0,05 menunjukkan p=0,933 yang berarti p > α 0,05 bahwa tidak ada perbedaan warna lampu pada light trap terhadap jumlah nyamuk Anopheles sp yang terperangkap. Hasil rata – rata pengukuran suhu lingkungan tercatat berkisar antara 23,9 – 26,3 ºC, kelembaban udara tecatat berkisar antara 83 – 91%, kecepatan angin tercatat berkisar antara 0,0 – 0,00 m/s.
Simpulan penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kesukaan nyamuk Anopheles sp terhadap berbagai warna lampu. Saran penelitian ini bagi masyarakat disarankan untuk tidak memakai warna lampu hijau karena disukai nyamuk Anopheles sp.


Daftar bacaan
: 21 buku (1978-2011)
Kata kunci
: Light trap, warna lampu, nyamuk Anopheles sp
Klasifikasi
Full text
:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar