Senin, 16 Desember 2013

PENGARUH PEMAKAIAN ARANG SEKAM PADI SEBAGAI MEDIA FILTRASI TERHADAP KEKERUHAN AIR

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik  Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012
  
Abstrak  
Asfi Sumastuti (asficalm@rocketmail.com)
PENGARUH PEMAKAIAN ARANG SEKAM PADI SEBAGAI MEDIA FILTRASI TERHADAP KEKERUHAN AIR DI LABORATURIUM JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN PURWOKERTO TAHUN 2012 
XVI + 53 halaman: gambar, tabel, lampiran.

Air merupakan unsur yang sangat pokok di alam serta merupakan
kebutuhan yang sangat vital bagi seluruh makhluk hidup. Salah satu masalah penyediaan air bersih yaitu kekeruhan. Dengan adanya kekeruhan dapat mengakibatkan adanya gangguan kesehatan. Filtrasi merupakan salah satu upaya mengatasi kekeruhan. Filtrasi dapat menggunakan beberapa media. Media filtrasi arang sekam padi dalam menurunkan kekeruhan belum pernah dilakukan sebelumnya.
Tujuan peneltian untuk mengetahui pengaruh pemakaian arang sekam padi sebagai media filtrasi terhadap kekeruhan air di Laboraturium Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan metode pre test and post test design yang bertujuan untuk mengetahui penurunan kekeruhan air antara sebelum dan setelah melalui media filtrasi arang sekam padi dengan variasi ketebalan (10 cm, 20 cm, 30 cm, 40 cm, dan 50 cm). Variabel bebasnya variasi ketebalan arang sekam padi dan variabel terikatnya tingkat kekeruhan air.
Hasil penelitian ini diketahui rata-rata tingkat penurunan kekeruhan untuk masing-masing ketebalan dari kekeruhan awal 20 NTU menjadi 16,2 NTU untuk ketebalan 10 cm, 13,8 NTU untuk ketebalan 20 cm, 11,4 untuk ketebalan 30 cm, 7,6 NTU untuk ketebalan 40 cm, dan 5,4 NTU untuk ketebalan 50 cm. Berdasarkan analisis statistik diperoleh p value yang signifikan yaitu kurang dari 5%. 
Kesimpulan  ini adalah rata-rata air sebelum perlakuan sebesar 20 NTU dan rata-rata sesudah perlakuan dengan variasi ketebalan 10 cm = 16,2 NTU, ketebalan 20 cm = 13,8 NTU, ketebalan 30 cm = 11,4 NTU, ketebalan 40 cm = 7,6 NTU, dan ketebalan 50 cm = 5,4 NTU. Terdapat pengaruh variasi ketebalan arang sekam padi dalam menurunkan kekeruhan air (p value < α = 0,05). Kepada peneliti selanjutnya agar mendesain filter dengan detention time atau waktu penahanan yang sama dengan cara mengatur debit (Q) pada masing-masing ketebalan filter arang sekam padi.
 
Daftar bacaan : 23 (1976 - 2011)
Kata kunci      : Kekeruhan, arang sekam padi
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar