Senin, 16 Desember 2013

“STUDI INTENSITAS SUARA PADA BAGIAN PRODUKSI PABRIK PLASTIK "



Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2012

ABSTRAK
Maulydia Septiandari (maulchococipz@yahoo.com)
STUDI INTENSITAS SUARA PADA BAGIAN PRODUKSI PABRIK PLASTIK SETIA KAWAN PURWOKERTO TAHUN 2012. 
XV + 62 halaman: gambar, tabel, lampiran

Tenaga kerja dalam industri berkaitan erat dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Karena, faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap produktifitas kerja. Sehingga, untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat sangat diperlukan pengawasan dan pemantauan terhadap beberapa parameter di lingkungan kerja yang dapat mempengaruhi kesehatan. Salah satu di antara parameter yang perlu pengawasan adalah kebisingan. Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan di Pabrik Plastik Setia Kawan didapatkan hasil pengamatan bahwa kebisingan yang ada di ruang produksi berasal dari mesin-mesin yang digunakan untuk membuat kantong plastik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur intensitas suara pada tiap shiftnya di ruang produksi plastik hitam di Pabrik Plastik Setia Kawan Purwokerto Tahun 2012.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini bagian produksi plastik kresek hitam Pabrik Plastik Setia Kawan Purwokerto. Data yang digunakan analisis tabel hasil pengukuran dibandingkan dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transportasi No.13/Men/X/2011 tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika Dan Faktor Kimia Di Tempat Kerja dan teori-teori yang relevan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebisingan di Pabrik Plastik Setia Kawan masih tinggi yaitu di ruang percetakan pada shift sore masih tinggi yaitu 85,95 (dB), berdasarkan Permenakertrans No.13/Men/X/2011 tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika Dan Faktor Kimia Di Tempat Kerja adalah sebesar 85 (dB). Upaya pengendalian yang telah dilakukan untuk tenaga kerja adalah dengan sistem shift. Sedangkan, pada sumber bising dilakukan pengecekan secara rutin.
Simpulan dari penelitian ini adalah intensitas suara yang dihasilkan di ruang percetakan pada shift sore telah melebihi NAB yaitu 85,95 dB. Sedangkan upaya pengendalian yang dilakukan oleh perusahaan adalah melakukan perawatan ke mesin-mesin yang digunakan. Saran peneliti diharapkan Pabrik Plastik Setia Kawan hendaknya melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap mesin, menyediakan APD bagi pekerja berupa ear plug, serta perusahaan mengadakan penyuluhan kepada pekerja tentang kegunaan dan manfaat APD.

Bahan bacaan  : 16 (2001-2012)
Kata kunci         : Kebisingan, Pabrik Plastik.
Klasifikasi         : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar