Senin, 16 Desember 2013

STUDI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Prof. Dr. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012

Abstrak
Dwi Astuti  ( dhoewick_ast1003@yahoo.com )
STUDI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Prof. Dr. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO TAHUN 2012 
XVI+98 Halaman: Gambar, Tabel, Lampiran

RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto yang beroperasi dari tahun 1995 mengalami peningkatan jumlah tempat tidur dari 392 tempat tidur menjadi 600 tempat tidur. Hal ini menyebabkan nilai BOR  ( Bed Occupancy Ratio )  atau angka penggunaan tempat tidur melebihi nilai BOR ideal yang sekiranya 60% 85%, yaitu  mencapai 98,95%. Hal ini menyebabkan air limbah bertambah banyak. Dahulu IPAL mengolah air limbah dengan debit 120 m/hari, sekarang menjadi /300 m3/hari pada musim kemarau dan 700 m3/hari pada musim penghujan. IPAL dikategorikan baik jika menghasilkan effluent yang memenuhi baku mutu air limbah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unit-unit pengolah limbah, debit air limbah, suhu, pH, BOD, COD, TSS dan efisiensi penurunan kadar pencemar air limbah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data lapangan dan laboratorium yang dianalisis kemudian dibandingkan dengan peraturan yang berlaku.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit-unit pengolahan air limbah adalah pemisah sabun, pemisah minyak, pompa inlet, saringan putar, bak equalisasi, bak aerasi, bak clarifier, bak penampung lumpur, pompa untuk mengalirkan lumpur. Debit air limbah yang diolah adalah 422 m/hari. Kualitas effluent yaitu pH 7, suhu 28oC, BOD 6,8 mg/lt, COD 80 mg/lt, TSS 15 mg/lt telah memenuhi Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah No. 10 Tahun 2004 tentang baku mutu air limbah dengan nilai maksimal pH 6-9, suhu 30o C, BOD 30 mg/l, COD 80 mg/l, TSS 30 mg/l. Prosentase penurunan kadar parameter air limbah yaitu BOD 83,75%, COD 60%, TSS 93,7%.
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa pengolahan air limbah belum baik, karena debit air limbah yang diolah melebihi kriteria desain, sebagai akibatnya kadar COD berada pada batas baku mutu air limbah yaitu 80 mg/lt. Dapat disarankan agar dibangun IPAL baru yang sesuai dengan debit air limbah yang dihasilkan.

Daftar bacaan : 22  ( 1979-2010 )
Kata kunci      : air limbah, rumah sakit
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar