Senin, 16 Desember 2013

STUDI SALMONELLA PADA AYAM GORENG TEPUNG PADA PEDAGANG

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
                                                                                                                  Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012

Abstrak
Anggun Bangkit Hutami  (anggun_bh@rocketmail.com)
STUDI SALMONELLA PADA AYAM GORENG TEPUNG PADA PEDAGANG DI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012
XVII+  71 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Ayam goreng tepung merupakan hidangan yang dibuat dari daging ayam yang diberi tepung dan digoreng menggunakan minyak goreng.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Salmonella pada ayam goreng tepung, serta mengetahui hygiene sanitasi hygiene sanitasi pengolahan ayam goreng tepung pada pedagang ayam goreng tepung di Kecamatan Purwokerto Timur.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu data yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang ada.
Hasil penelitian yang didapat, hygiene sanitasi pengelolaan  ayam goreng tepung di 8 tempat mulai dari pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan, dan penyajian makanan sudah cukup baik yaitu dengan skor 63,38%. Berdasarkan pemeriksaan 8 sampel ayam goreng tepung di laboratorium dapat diketahui bahawa semua sampel negative Salmonella sehingga memenuhi standar yang telah ditentukan yaitu negative (nol).
Peneliti menyimpulkan yaitu sanitasi pengelolaan ayam goreng tepung di 8 tempat  sudah cukup baik yaitu dengan skor 63,38%, serta dari 8 sampel ayam goreng tepung negative Salmonella. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI No.HK.00.06.1.52.4011 tahun 2009 tentang penetapan batas maksimal cemaran mikroba dan kimia dalam makanan. Saran yang dapat diberikan yaitu saat pengolahan makanan sebaiknya mengacu pada aspek hygiene sanitasi makanan agar tidak terjadi kontaminasi.

Daftar bacaan : 26(1987-2012)
Kata kunci      : Salmonella, Ayam goreng tepung
Klasifikasi       :
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar