Selasa, 24 Desember 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah,   Juni 2012  

Abstrak
Santi Agus Pratiwi (Elfart_ilmilorenzya@yahoo.com)
STUDI TENTANG EFISIENSI UNIT FILTRASI UNTUK MENURUNKAN KEKERUHAN PADA PENGOLAHAN AIR BERSIH DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA BENING KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI TAHUN 2012 
xvi + 99 halaman : lampiran, tabel, gambar 

 PDAM Tirta Bening Pati merupakan perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan umum dibidang penyediaan  air bersih yang
Tujuan penelitian memberikan pelayanan air bersih bagi masyarakat yang memenuhi norma pelayanan dan syarat-syarat kesehatan dan memberikan kontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD) serta mendorong pembangunan perekonomian daerah dalam rangka pembangunan daerah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi unit filtrasi dalam menurunkan kekeruhan pada Perusahaan Daerah Air minum. 
Metode yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan pengukuran kekeruhan pada inlet dan outlet unit filtrasi. Pengolahan data dengan editing, coding dan tabulating serta penyajian data dalam bentuk tabel.
Hasil analisis pengukuran yang dilakukan terhadap penurunan kekeruhan menunjukkan pada Unit Filtrasi I rata-rata 0,99 NTU (64,1%), Unit Filtrasi II 1,2 NTU (80,7%), Unit Filtrasi III 1,32 (85,5%), Unit Filtrasi IV 1,58 NTU (54,7%).
Peneliti menyimpulkan bahwa efisiensi unit filtrasi pengolahan pada Perusahaan daerah Air Minum Tirta Bening Pati secara umum sudah optimal (77,7%), dan menyarankan agar meningkatkan pemeliharaan dan perawatan berkala agar lebih optimal lagi. 
 
Daftar bacaan :16 ( 1990-2011 )
Kata kunci      : Kekeruhan, efisiensi, filtrasi
Klasifikasi       : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar