Senin, 16 Desember 2013

STUDI SANITASI KOLAM RENANG DI OBJEK WISATA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012
 
Abstrak
Okti Anisatun Muflihah
STUDI SANITASI KOLAM RENANG DI OBJEK WISATA KEBUNKU WATERPARK PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012 
xvi + 118 halaman: tabel, gambar, lampiran

Objek Wisata Kebunku Waterpark merupakan salah satu objek wisata di Purwokerto, yang merupakan salah satu tempat  tempat umum yang perlu mendapatkan perhatian dan pengawasan sanitasi.  Sanitasi kolam renang yang memenuhi syarat bertujuan untuk memutuskan rantai penularan penyakit. 
Tujuan penelitian untuk meneliti sanitasi di Kebunku Waterpark Purwokerto yang meliputi sanitasi bagian luar, sanitasi bagian dalam, fasilitas sanitasi dan mengukur sisa chlor di kolam waterpark anak.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan tentang keadaan sanitasi, sanitasi bagian luar, sanitasi bagian dalam dan fasilitas sanitasi di Objek Wisata Kebunku Waterpark Purwokerto, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, serta mengukur sisa chlor.  Teknik penilaian sanitasi menggunakan PerMenKes RI no. 061/ MENKES/ Per./I/1991.
Hasil penilaian dengan check list sanitasi kolam renang belum memenuhi persyaratan kesehatan dengan persentase 55,1%.  Sanitasi bagian luar memenuhi persyaratan kesehatan dengan persentase 88,2%, sedangkan sanitasi bagian dalam belum memenuhi persyaratan karena hasilnya 40,9% dan fasilitas sanitasi kolam renang mendapat hasil 75,4% yaitu sudah memenuhi persyaratan kesehatan.  Hasil pengukuran sisa chlor rata-rata 5,71 mg/lt pada kolam waterpark anak belum memenuhi  persyaratan menurut PerMenKes RI No. 416/ MenKes/ Per/ IX/ 1990 tentang Nilai Ambang Batas (NAB) sisa chlor pada air kolam renang adalah 0,2  0,5 mg/lt.
Kesimpulan sanitasi secara keseluruhan dan sisa chlor pada kolam waterpark anak di Kebunku Waterpark belum memenuhi persyaratan kesehatan.  Peneliti menyarankan kamar pancuran bilas, jamban, peturasan dan kamar mandi sesuai dengan rata-rata jumlah pengunjung perhari dan jumlah karyawan.  Chlorinasi dilakukan secara kontinyu.  

Daftarbacaan : 11 ( 1990  2011 )
Kata kunci     : Sanitasi, KolamRenang
Klasifikasi      : -

1 komentar: