Senin, 16 Desember 2013

KANDUNGAN PESTISIDA PADA SUMBER AIR

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                          Karya Tulis Ilmiah.2010

Abstrak
Sugiharno
KANDUNGAN PESTISIDA PADA SUMBER AIR DI DESA KEMUTUG KIDUL KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2010 
xv+41 halaman : gambar,tabel,lampiran   

Desa Kemutug ialah desa yang terletak di Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas dengan jumlah penduduk 2977 jiwa dan luas wilayah 12 hektar, 40% pemukiman dan 60% daerah pertanian.Dengan luas lahan pertanian yang begitu luas, dan cara bercocok tanaman masyarakat sangat ketergantungan dengan pestisida apa bila tanpa pestisida petani tidak akan berhasil bercocok tanam sampai panen, sedangkan sumber air yang digunakan masyarakat berada di area pertanian air tersebut kemungkinan bisa tercemar pestisida, sedangkan pestisida itu sendiri sangat membahayakan kesehatan manusia apabila dikonsumsi secara terus menerus.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan pestisida pada sumber air tersebut.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif ,yaitu mengambarkan dan memaparkan hasil penelitian,yang dimaksudkan untuk mengetahui kandungan pestisida pada sumber air di Desa Kemutug Kidul Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas Tahun 2010. Tehnik sampling yang digunakan yaitu metode grap sample ( contoh sesaat ), dan instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner.  
Hasil penelitian ini menunjukkan sampel positif mengandung pestisida, akan tetapi apabila dibandingkan dengan permenkes 402 / Menkes / Per / IV/2010 air tersebut masih dalam ambang batas. Sedangkan hasil wawancara dari 10 responden, 2 mempunyai prilaku cukup, sedangkan 8 mempunyai prilaku kurang baik.  Saran sebaiknya masyarakat mencari sumber air atau mata air lain yang kebersihannya lebih layak untuk dikonsumsi dan memenuhi syarat kesehatan. Sedangkan untuk mengurangi hama dan bintang pengganggu sebaiknya para petani mengamati rantai makanan dan ekosisitem agar hewan-hewan tertentu tidak berkembang biak menjadi banyak serta untuk mengurangi pencemaran pestisida sebaiknya para petani memulai  bercocok tanam secara organik.  

Daftar baca : 1990-2010
Kata kunci  : kandungan pestisida pada sumber air, Kemutug Kidul,  Baturraden
klasifikasi    : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar