Senin, 16 Desember 2013

STUDI TENTANG ANTROPOMETRI PEKERJA DENGAN SARANA MEJA DAN KURSI KERJA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, 26 Juni 2012

Abstrak
Danang Sadewo (danang_sadewo@ymail.com)
STUDI  TENTANG ANTROPOMETRI PEKERJA DENGAN SARANA MEJA DAN KURSI KERJA DI BAGIAN PRODUKSI PT. SUTANTO ARIFCHANDRA ELEKTRONIC KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012
 xvii+53 halaman : tabel, gambar, lampiran

Ergonomi merupakan ilmu penerepan untuk menyerasikan pekerjaan dan lingkungan terhadap tenaga kerja. Salah satu indikator ergonomi yaitu penerapan antropometri dengan sarana meja dan kursi kerja yang sesuai dengan ukuran tubuh pekerja yang menggunakannya. Sehingga tidak menyebabkan kelelahan dan menurunnya produktifitas kerja.
Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui kesesuaian antara antropometri pekerja dengan sarana meja dan kursi kerja yang digunakan di bagian packing produksi AV dan LV di PT. Sutanto Arifchandra Elektronic Sokaraja
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah bagian packing produksi AV dan LV di PT. Sutanto Arifchandra Elektronic dengan jumlah pekerja 30 pekerja. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengukuran.  
Hasil penelitian menunjukan bahwa antropometri pekerja, sarana meja dan sarana kursi pekerja, belum sesuai pada bagian packing produksi AV dan LV di PT. Sutanto Arifchandra Elektronic Sokaraja. Sehingga dapat menyebabkan penyakit akibat kerja dan menurunnya produktifitas kerja.
Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa belum sesuai antara antropometri pekerja dengan sarana meja dan kursi kerja. Untuk mencegah menurunnya produktifitas kerja maka hendaknya menggunakan sarana meja dan kursi yang sesuai dengan antropometri pekerja.

Daftar bacaan : 10 (2004 - 2012)
Kata kunci      : Kesesuain Antara Antropometri Pekerja dengan Sarana Meja dan Kursi Kerja 
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar