Selasa, 17 Desember 2013

STUDI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012

Abstrak
RACHMAH MELATI ( rachmah.melati@yahoo.com)
STUDI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR DI PT.PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT (RU) IV CILACAP TAHUN 2012
XVII + 85 halaman: gambar, tabel, lampiran

Limbah cair minyak bumi dikategorikan sebagai limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Sesuai dengan Undang-undang  No.32 Tahun 2009 maka setiap penghasil limbah B3 wajib melakukan pengolahan sebelum limbah tersebut dibuang atau dilepas ke alam.
Tujuan  penelitian ini adalah Mengetahui sistem Pengolahan Limbah Cair Di PT.Pertamina (Persero) RU IV Cilacap.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah proses pengolahan limbah cair yang terdiri dari unit proses dan operasi. Cara pengambilan data penelitian ini adalah data umum dan khusus
Hasil penelitian adalah sumber limbah PT.Pertamina berdasarkan tipe dan frekuensi pencemaran (Air domestik dan sanitary, air proses, air yang selalu
tercemar minyak, air yang kadang-kadang tercemar minyak, air bebas dari senyawa organik) dan berdasarkan asalnya (On site area dan Off site area), operator pengolahan limbah cair adalah semua pegawai HSE, proses pengolahan limbah cair yaitu air limbah yang mengandung B3 dilairkan ke CPI dan SWS lalu ke HB sedangkan limbah cair yang tidak mengandung B3 dialirkan ke Sungai Donan, kegiatan monitoring pengolahan limbah cair pada HB oleh BBTPPI, pemenuhan baku mutu dalam periode bulan Januari-April 2012 mengacu pada Peraturan Menteri LH No 19 Tahun 2010 telah memenuhi syarat.
Kesimpulan penelitian ini adalah sumber limbah PT.Pertamina berdasarkan tipe dan frekuensi pencemaran dan berdasarkan asalnya, operator pengolahan limbah cair adalah semua pegawai HSE, proses pengolahan limbah cair yaitu air limbah yang mengandung B3 dialirkan ke CPI dan SWS lalu ke HB sedangkan limbah cair yang tidak mengandung B3 dialirkan ke Sungai Donan, kegiatan monitoring pengolahan limbah cair pada HB oleh BBTPPI, pemenuhan baku mutu dalam periode bulan Januari-April 2012 telah memenuhi syarat. Saran dalam penelitian ini adalah optimalisasi fungsi dan pemeliharaan pada setiap unit pengolahan limbah cair, semua operator harus memahami proses pengolahan limbah cair, memaksimalkan pemantauan pada alat kontrol, pengurasan HB agar tidak terjadi timbunan lumpur, diperlukan aerasi tinggi terhadap BOD, COD dan kandungan mikroorganisme.

Daftar bacaan : 14 (2002-2010)
Kata kunci      : Pengolahan Limbah Cair

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar