Senin, 16 Desember 2013

STUDI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA BAGIAN PEMBUATAN KANTONG PLASTIK WARNA DI PP SETIA KAWAN KECAMATAN PURWOKERTO

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012

Abstrak
Arifatun Nur Azizah (mimmoon_cint@yahoo.com)
STUDI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA BAGIAN PEMBUATAN KANTONG PLASTIK WARNA DI PP SETIA KAWAN KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012 
xviii + 114 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Industri di Indonesia berkembang cukup pesat. Hal ini dapat diketahui dari semakin banyaknya industri yang bersaing untuk menghasilkan berbagai jenis produk yang berkualitas. Dampak positif dari adanya industri tersebut antara lain: mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dampak negatif dari industri plastik ini, seperti: menimbulkan pencemaran di sekitar lingkungan industri, dan kecelakaan kerja. PP. Setia Kawan tersebut adalah pabrik yang memproduksi plastik yang berupa kantong plastik dan tali plastik (tali rafia). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada bagian pembuatan kantong plastik warna di PP. Setia Kawan.
Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif, dengan tujuan untuk menggambarkan secara langsung penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada bagian pembuatan kantong plastik warna di PP. Setia Kawan.
Hasil penelitian ini meliputi lingkungan kerja secara fisik yaitu suhu ratarata 27,52ÂșC, dan kelembaban rata-rata 84,69%. Upaya pencegahan kecelakaan kerja yang telah dilakukan yaitu bimbingan kerja, pelatihan dan penyuluhan terhadap pekerja, serta memasang spanduk K3. Upaya pemadaman kebakaran yang telah disediakan adalah Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Upaya kesehatan kerja berupa jamsostek, dan penanganan secara cepat bagi pekerja yang mengalami kecelakaan kerja. Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) belum dibiasakan oleh pekerja, walaupun APD telah disediakan oleh PP. Setia Kawan. Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada bagian pembuatan kantong plastik warna di PP. Setia Kawan sudah diterapkan, tetapi belum maksimal. Perlu meningkatkan program bimbingan kerja, pemasangan petunjukpetunjuk K3, penambahan 4 buah APAR, pemeriksaan APAR secara rutin, menyediakan 3 orang petugas P3K, klinik, dan sebaiknya mandor atau supervisor selalu mengingatkan pekerja supaya menggunakan APD yang telah disediakan.    

Daftar bacaan : 25 (1970 - 2012)
Kata kunci      : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
klasifikasi        : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar