Senin, 16 Desember 2013

STUDI PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI KANTONG PLASTIK BENING



Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemankes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012


Abstrak

STUDI PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI KANTONG PLASTIK BENING DI PP SETIA KAWAN PURWOKERTO TAHUN 2012
xiv + 59 halaman: 9 tabel, 5 gambar, 10 lampiran

Penggunaan alat pelindung diri merupakan salah satu cara mengendalikan bahaya di tempat kerja. Dalam penelitian ini adalah PP Setia Kawan Purwokerto, khususnya bagi pekerja di bagian produksi kantong plastik bening. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis pekerjaan di bagian produksi kantong plastik bening, jenis bahaya, risiko kecelakaan kerja, kesesuaian jumlah APD dengan jumlah pekerja, kondisi APD, pengawasan terhadap APD, dan alasan pekerja tidak menggunakan APD di PP Setia Kawan Purwokerto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mendapat gambaran tentang penggunaan Alat Pelindung Diri pada pekerja bagian produksi kantong plastik bening di PP Setia Kawan Purwokerto. Subyek penelitian ini adalah pekerja sebanyak 34 orang. Cara pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi menggunakan kuesioner dan checklist.
Hasil Jenis dan jumlah APD yang ada yaitu masker 30 buah, sarung tangan 3 buah, sepatu 2 pasang, dan wearpack 2 buah. Sedangkan jumlah pekerja yang membutuhkan masker 31 orang, yang membutuhkan sarung tangan 25 orang, sepatu 31 orang dan wearpack 3 orang. Jumlah APD dengan jumlah pekerja yang membutuhkan yaitu tidak sesuai.
Simpulan penelitian ini adalah jenis pekerjaan yaitu SPV, Kepala ruang, admin, operator bahan dan operator mesin. Jenis dan jumlah APD yang ada yaitu masker 30 buah, sarung tangan 3 buah, sepatu 2 pasang dan wearpack 2 buah. Jumlah APD belum sesuai dengan jumlah pekerja. Kondisi APD 100% dalam keadaan baik. Pengawasan terhadap APD dilakukan oleh SPV/mandor produksi. Alasan tidak memakai APD yaitu tidak membutuhkan, tidak disediakan dan mengganggu aktivitas kerja. Disarankan kepada perusahaan untuk menyediakan APD dalam jumlah yang mencukupi serta pemberian penyuluhan kepada pekerja tentang penggunaan APD.

Daftar bacaan
: 20 buku (1970-2010)
Kata kunci
: Penggunaan APD, pabrik plastik, kantong plastikbening
Klasifikasi
Full text
:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar