Selasa, 24 Desember 2013

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA 
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN PURWOKERTO 
PROGRAM STUDI DIPLOMA III KESEHATAN LINGKUNGAN
KARYA TULIS ILMIAH, 04 JULI 2012 

ABSTRAK 
Rofik Rizkiyadi Dwi Satria fikkusnie@yahoo.com
STUDI DESKRIPTIF ANGKA KUMAN PADA SENDOK MAKAN DI WARUNG BAKSO DAN WARUNG MAKAN DI PASAR SEGA MAS PURBALINGGA TAHUN 2012
xvi+69 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Angka kuman adalah perhitungan jumlah bakteri yang didasarkan pada asumsi bahwa setiap sel bakteri hidup dalam suspensi akan tumbuh menjadi satu koloni setelah diinkubasikan. Studi pendahuluan di Pasar Sega Mas Purbalingga diketahui terdapat banyak warung makan dan bakso menyediakan makanan bagi pengunjung pasar. Jumlah pengunjung di setiap warung bervariasi antara 60  90 orang setiap harinya. Pengunjung warung akan semakin banyak pada hari pasaran. Banyaknya pengunjung menjadikan kesibukan warung makan meningkat. Kondisi tersebut memungkinkan warung makan dan bakso kurang dapat menjaga sanitasi alat makan. Penelitian bertujuan mengetahui dan menghitung angka kuman pada sendok makan di warung bakso dan warung makan di Pasar Sega Mas Purbalingga.
Metode penelitian yang bersifat deskriptif dengan pemeriksaan di laboratorium untuk mengetahui angka kuman yang terdapat pada alat makan sendok yang digunakan oleh pedagang di warung bakso dan warung makan di  Pasar Sega Mas Purbalingga dan Pengumpulan data umum dan data khusus dengan cara wawancara, observasi, dan pengukuran di lapangan jumlah sempel seluruhnya ada 19 sampel.
Hasil penelitian menunjukan angka kuman pada sendok di warung makan Pasar Sega Mas Purbalingga diketahui bahwa dari seluruh sampel sebanyak 9 (sembilan) sampel seluruhnya tidak memenuhi syarat, karena jumlahnya lebih dari 100 koloni/cm2  dan angka kuman pada sendok di warung bakso Pasar Sega Mas Purbalingga diketahui bahwa dari seluruh sampel sebanyak 10 (sepuluh) sampel yang dihitung, hanya terdapat 3 (tiga) sampel yang memenuhi syarat.
Simpulan angka kuman pada sendok di warung makan Pasar Sega Mas Purbalingga yang dihitung dari 9 (sembilan) sampel, seluruhnya pada kategori tidak memenuhi syarat dan angka kuman pada sendok di warung bakso Pasar Sega Mas Purbalingga yang dihitung dari 10 (sepuluh) sampel, hanya terdapat 1 (satu) sampel yang memenuhi syarat, dan lainnya tidak memenuhi syarat. Pemilik warung makan dan warung bakso harus memperhatikan hygiene sanitasi lingkungan, khususnya kebersihan peralatan makan sendok dengan melakukan teknik pencucian yang benar.

Daftar Bacaan :  11 (1993  2011)
Kata kunci      :  Angka Kuman, sendok, warung 
Klasifikasi       :  - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar