Selasa, 24 Desember 2013

Kementerian kesehatan republik indonesia 
Politeknik kesehatan kemenkes semarang
Jurusan kesehatan lingkungan 
Program study diploma III kesehatan lingkungan
Karya tulis ilmiah, juli 2012 

Abstrak
Setyo Hermawan (donghaesetyo@yahoo.com)
DESKRIPSI KONDISI SANITASI, SPESIES LALAT DAN PENGENDALIANNYA DI PASAR SEGAMAS KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012 
XVI + 105 halaman: narasi, gambar, table, lampiran  

Pasar yang sehat yang memenuhi syarat sanitasi salah satunya adalah pengendalian Vektor Penyakit, beberapa dari macam binatang vektor yang perlu diperhatikan yaitu lalat. Deskripsi tentang  kondisi sanitasi, spesies lalat dan pengendaliannya diharapkan dapat diketahui sanitasi pasar, jenis lalat dan interaksinya terhadap lingkungan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sanitasi pasar, spesies lalat dan pengendaliannya di Pasar Segamas Kabupaten Purbalingga.
Penelitian ini termasuk deskriptif, dengan maksud untuk memperoleh gambaran sanitasi pasar, spesies lalat dan pengendaliannya di Pasar Segamas dengan melakukan pengukuran dan identifikasi. Analisis data menggunakan analisis tabel dan dibandingkan dengan teori yang ada.
Hasil penelitian Sesuai dengan item pemeriksaan menurut KEPMENKES 519 tahun 2008 tentang persyaratan kesehatan lingkungan pasar, sanitasi di Pasar Segamas hasilnya cukup (cukup juka jawaban Ya: 36-46 (65%-79%)). Spesies lalat yang ada di sekitar tempat penjualan daging adalah Musca domestica dan Phaenicia sp, disekitar tempat penjualan makanan adalah Musca domestica, di TPS adalah Musca domestica, Sarcophaga sp dan Pahenicia sp. Upaya pengendalian lalat di Pasar Segamas tidak ada.
Simpulan penelitian ini adalah kondisi sanitasi di Pasar Segamas masuk dalam kategori cukup, ditemukan 3 spesies lalat dan belum terdapat pengendalian lalat. Saran untuk pengendalian lalat yaitu perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan dan secara kimia.   

Daftar bacaan : 12 (1985  2011) 
Kata kunci      : Lalat 
Klarifikasi       : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar