Selasa, 24 Desember 2013

Deskriptif Demam Berdarah Dengue berdasarkan Variabel Epidemiologi di Wilayah Puskesmas

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah,  Juli 2012

Abstrak
Precylia Imantika Nur Utari (precy_imoedz@yahoo.com)
Deskriptif Demam Berdarah Dengue berdasarkan Variabel Epidemiologi di Wilayah Puskesmas 1 Wangon Kabupaten Banyumas 
xiv+ 46 : tabel, halaman, lampiran 

Demam Berdarah Dengue dapat terjadi dari manusia satu ke manusia lain melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Berdasarkan data dari Puskesmas I
Wangon pada tahun 2009 di Wilayah Puskesmas I Wangon jumlah kasus DBD sebanyak ada 14 kasus, pada tahun 2010 sebanyak10 kasus, sedangkan pada tahun 2011 sebanyak ada 10 kasus. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui gambaran kejadian Demam Berdarah Dengue berdasarkan variabel epidemiologi (orang, waktu dan tempat) di wilayah Puskesmas I Wangon Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan penelusuran data. Data disajikan dalam bentuk narasi terstruktur, grafik, dan tabel. Analisis data dilakukan dengan cara analisis tabel dan grafik.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah berdasarkan tempat Tahun 2008 jumlah kasus terbanyak di desa Wangon sebanyak 27 orang, berdasarkan orang dari tahun 2007 sampai tahun 2011 umur yang rentan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue adalah antara umur 5-59 tahun, sedangkan jenis kelamin yang rentan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue adalah jenis kelamin laki-laki, berdasarkan waktu bulan tertinggi untuk kejadian penyakit Demam Berdarah Dengue adalah pada bulan Desember sejak tahun 2007 sampai tahun 2011 sebanyak 18 kasus,  karena pada bulan Desember seringkali musim hujan.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Hasil analisis distribusi kasus menurut tempat selama 5 tahun bervariasi, pada Tahun 2008 jumlah kasus terbanyak di desa Wangon sebanyak 27 orang, dari tahun 2007 sampai tahun 2011 umur yang rentan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue adalah antara umur 5-59 tahun. Sedangkan jenis kelamin yang rentan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue adalah jenis kelamin laki-laki, Bulan tertinggi untuk kejadian penyakit Demam Berdarah Dengue adalah pada bulan Desember sejak tahun 2007 sampai tahun 2011 sebanyak 18 kasus.

 
Daftar bacaan  : 11 (1994-2012)
Kata Kunci      : Epidemiologi, Demam Berdarah Dengue
Klasifikasi        : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar