Senin, 31 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2016

Abstrak
Oki Noviana (okinoviana@gmail.com)
TINJAUAN SANITASI RUMAH SAKIT PERTAMINA CILACAP TAHUN 2016
XVI+107 halaman : gambar, tabel, lampiran

Angka kuman di ruang operasi dan ruang perawatan masih melebihi standar Kepmenkes 1204 tahun 2004 untuk ruangan operasi standar yang diperbolehkan yaitu 10 CFU/ m3, sedangkan untuk ruang perawatan 5-10 CFU/ m3. Hasil pengukuran angka kuman ruang operasi I dan II masing-masing 62 CFU/ m3 dan 140 CFU/ m3 dan 15 CFU/ m3 untuk ruang perawatan. Angka kuman yang masih tinggi dapat merugikan pihak rumah sakit, perawat dan pasien, karena kuman dapat mengontaminasi orang yang sehat. Tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah Ini adalah untuk mendeskripsikan keadaan sanitasi rumah sakit Pertamina Cilacap yang meliputi penyehatan ruang dan bangunan rumah sakit, penyehatan makanan dan minuman, penyehatan air, pengelolaan sampah, tempat pencucian linen (loundry), pengendalian serangga dan tikus, desinfeksi dan sterilisasi, pengamanan radiasi.
Metode penelitian ini adalah observasional dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan observasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif.
Hasil dari penelitian adalah hasil penilaian cheklist untuk penyehatan ruang dan bangunan rumah sakit 77%. Hasil penilaian chelist untuk penyehatan makanan dan minuman 82%. Hasil penilaian cheklist untuk penyehatan air 100%. Hasil penilaian cheklist untuk pengelolaan limbah 87%. Hasil penilaian cheklist untuk pencucian linen 100%. Hasil penilaian cheklist untuk pengendalian serangga dan binatang pengganggu 100%. Hasil penilaian cheklist pengamanan radiasi di ruang radiologi 100%. Hasil penilaian cheklist untuk desinfeksi dan sterilisasi 100%. Simpulan perhitungan cheklist keseluruhan didapatkan hasil 95%. Menurut Kepmenkes untuk rumah sakit tipe D Pertamina Cilacap masuk dalam kategori memenuhi syarat. Permasalahan yang belum sesuai dengan Kepmenkes hendaknya segera diperbaiki.

Daftar Bacaan : 2004 - 2014
Kata Kunci     : Sanitasi Rumah Sakit
Klasifikasi       :
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar