Senin, 31 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program DIII Kesehetan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Silvi Ardini (ardini_silvi@ymail.com)
STUDI KANDUNGAN FORMALIN PADA KIKIL DI PASAR WAGE KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS.
XVI + 64 halaman :gambar, table, lampiran.

Penyalahgunaan formalin dalam proses pengawetan makanan masih ditemukan dalam produk makanan. Balai besar Pom di Jakarta bersama Polres Metro Jakarta Barat pada tanggal 11 Maret 2016 menemukan 6 home industry kikil di daerah Kalideres Jakarta Barat menggunakan formalin pada proses pengelolahan kikil. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2012 tentang Bahan Tambahan Pangan menyatakan bahwa formalin bahan yang dilarang digunakan untuk makanan. Tujuan peneliti untuk mengetahui ada tidaknya kandungan formalin padakikil di Pasar Wage Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas.
Metode penelitian ini deskriptif dengan menggambarkan ada tidaknya kandungan formalin pada kikil di pasar Wage.Pengumpulan data dilakukan dengan wancacara, mengamati,,dan memeriksa sampel kikil di Laboratorium Kesehatan Kabupaten Banyumas.
Hasil penelitian menunjukkan seluruh sampel kikil negative formalin.Ciri-ciri fisik kikil semua sampel aman formalin .Proses pembuatan kikil sama hanya perbedaan waktu yang digunakan dalam tahap pembuatan. Semua pedagang memiliki pengetahuan baik.Pengawasan berupa pemeriksaan dilakukan setiap setahun sekali oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Semua sampel aman terhadap formalin .Saran agar masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih makanan, tidak hanya melihat dari penampilan makanan yang menarik saja.Pedagang tidak menggunakan formalin pada pengawetan kikil.Pemeriksaan dan penyuluhan rutin tentang bahan tambahan pangan yang aman serta bahan yang dilarang untuk tambahan makanan oleh Dinas Kesehatan.

DaftarBacaan : 17 (1994 – 2016)
Kata Kunci    : Formalin ,Kikil
Klarifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar