Jumat, 21 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Iftitah Arum (Iftitaharum106@yahoo.com)
Kandungan Bakteri Escherechia coli Pada Kue Kamir Di Pasar Kliwon Karanglewas Tahun 2016
XVl + 69 halaman : gambar, tabel, lampiran

Mikrobiologi bakteri Escherechia coli dipilih sebagai indikator tercemarnya air atau makanan karena keberadaan bakteri Escherechia coli dalam sumber air atau makanan merupakan indikator terjadinya kontaminasi tinja manusia. Kue kamir yang dijual dapat terkontaminasi oleh bakteri Escherechia coli karena proses penjualan dekat dengan jalan raya. Tujuan penelitian ini mengetahui ada tidaknya bakteri Escherechia coli pada kue kamir.
Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel dan pemeriksaan secara laboratorium yang kemudian hasilnya di bandingkan dengan BPOM RI tanggal 28 Oktober 2009 tentang batas cemaran mikroba dan kimia pada makanan.
Hasil penelitian ini di dapatkan satu sampel yang positif bakteri
Escherechia coli memiliki jumlah 23 MPN/gram yang melebihi standart cemaran mikroba pada makanan. atau tidak memenuhi syarat dan delapan sampel negatif bakteri Escherechia coli. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Aspek penilaian tempat pengolahan kue kamir pada checklist di dapatkan hasil masing-masing pada produsen 1 84,7 % kategori baik, pedagang 1 81,9 % kategori baik, pedagang 2 93 % kategori baik. Dari hasil pengambilan sampel yang dilakukan di Laboratorium Biologi Jurusan Kesehatan Lingkungan dengan 3 sampel kue kamir selama 3 hari proses pengambilan sampel diperoleh hasil satu kue positif bakteri Escherechia coli dengan hasil pemeriksaan 23 MPN/gram.

Daftar bacaan :  13 (1996-2014)
Kata kunci      :  Bakteri Escherichia coli dan kue kamir
Klasifikasi       :
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar