Senin, 31 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto Program Studi
Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2016

Abstrak
NURUL ITSNAENI (itsnaeni95@gmail.com)
STUDI KADAR Pb PADA MAKANAN JAJANAN DODOL CIKAL, ONDE-ONDE, KUE APEM, DAN GORENGAN TAHU ACI DI PASAR BANJARAN-ADIWERNA, KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016.
XIV + 59 Halaman: gambar, tabel, lampiran

Pb merupakan salah satu zat pencemaran udara yang berasal dari sisa pembakaran kendaraan bermotor. Udara yang tercemar oleh partikel dan gas ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berbeda tingkatan dan sejenisnya, gangguan tersebut terutama terjadi pada fungsi fatal dari organ tubuh seperti paru-paru dan pembuluh darah atau menyebabkan iritasi pada mata dan kulit. Jumlah kadar Pb yang ada di udara dapat mempengaruhi lingkungan disekitarnya antara lain makanan yang di jual pinggir jalan khususnya makanan jajanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya kadar Pb pada makanan jajanan, prilaku penjamah serta kepadatan kendaraan di Pasar Banjaran-adiwerna, Kabupaten Tegal tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu untuk mengetahui kadar Pb pada makanan jajanan di Pasar Banjaran-Adiwerna, Kabupaten Tegal tahun 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan pemeriksaan kadar Pb di Laboratorium Kesehatan Lingkungan Kota Tegal. Penyajian dilakukan dengan cara mendeskripsikan data dalam bentuk tabel dan narasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan tidak adanya kadar Pb pada makanan jajanan dodol cikal, onde-onde, kue apem dan gorengan tahu aci. Perilaku penjamah makanan jajanan tiga pedagang, dua pedagang dikategorikan cukup dengan skor 75% dan satu pedagang dikategorikan kurang dengan skor 50%. Kepadatan kendaraan di sekitar lokasi ratarata 0,102 smp/jam. Makanan jajanan yang diperjual belikan di Pasar Banjaran-Adiwerna, Kabupaten Tegal tidak mengandung timbal Pb. Bagi penjamah makanan sebaiknya menggunakan celemek, tutup kepala dan menyediakan alat penjepit makanan.

Daftar bacaan : 27 (1994-2014)
Kata kunci      : Timbal, makanan jajanan, perilaku penjamah
Klasifikasi        : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar