Kamis, 20 Oktober 2016

Departemen Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Destara Margowati (destara.margowati@gmail.com)
STUDI EFISIENSI FITOREMEDIASI TANAMAN BAMBU AIR (EQUISETUM HYEMALE) DALAM MENURUNKAN KADAR BOD DAN COD AIR LIMBAH RUMAH TANGGA DI DESA KRACAK KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2016
XV + 84 halaman : gambar, tabel, lampiran

Air limbah domestik adalah air limbah yang berasal dari usaha dan/ atau kegiatan pemukiman, rumah makan, perkantoran, perniagaan, apartemen dan asrama. Apabila air limbah tidak dilakukan pengolahan yang benar dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Salah satu cara pengolahan air limbah adalah Fitoremediasi . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi fitoremediasi tanaman bambu air Equisetum hyemale) untuk menurunkan kadar BOD dan COD limbah rumah tangga di desa Kracak kecamatan Ajibarang kabupaten Banyumas Tahun 2016. PenelitIan yang dilakukan merupakan penelitian Pre  Eksperiment dengan pendekatan pretest dan post test design, yaitu memberikan perlakuan kemudian dilakukan pengukuran dengan maksud untuk mengetahui efisiensi tanaman bambu air.  
Hasil penelitian yang telah dilakukan di laboratorium menunjukan bahwa fitoremediasi air limbah rumah tangga dengan  menggunakan tanaman bambu air dengan variasi berat 0,5 kg dapat menurunkan kadar BOD dan COD masing-masing sebesar 80,55 % dan 76,35% sedangkan berat tanaman 0,75 kg dapat menurunkan kadar BOD dan COD masing-masing sebesar 86,19%dan 73,69%. Berdasarkan hal tersebut maka fitoremediasi air limbah menggunakan tanaman bambu air dapat menurunkan kadar BOD dan COD baik pada berat tanaman 0,5 kg dan 0,75 kg, walaupun untuk penurunan COD belum mencapai efisiensi removal sebesar 85%. Sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan variasi debit dan waktu tinggal.

Daftar bacaan : 22 (1995 – 2015 )
Kata kunci     : Fitoremediasi, air limbah, BOD, COD
Klasifikasi      : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar