Jumat, 21 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, 13 Juli 2016

Abstrak
Inas Fadhilah Qurrota’aini (Fadhilahinas@gmail.com)
PENGARUH PEMAKAIAN TALI LEM GETAH NANGKA TERHADAP JUMLAH LALAT TERPERANGKAP DI LABORATORIUM KAMPUS 7 POLTEKKES SEMARANG TAHUN 2016
xiv + 44 halaman : tabel, gambar, lampiran

Lalat merupakan salah satu insekta (serangga) yang termasuk ordo diphtera, merupakan species yang  berperan dalam masalah kesehatan masyarakat, yaitu sebagai vektor penularan penyakit saluran pencernaan. Berbagai upaya untuk mengurangi populasi lalat dapat dilakukan secara cara kimiawi, dan cara biologi. Namun dari semua yang dilakukan hasilnya belum maksimal, hal ini disebabkan karena pengendalian secara kimia dapat mengakibatkan resistensi pada serangga terhadap insektisida tersebut. Pohon nangka selain sebagai makanan, getah pada pohon nangka dapat digunakan sebagai bahan perekat. Tujuan penelitian Menemukan cara pengurangan jumlah lalat secara aman, mudah, murah dan ramah lingkungan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tali lem getah nangka, variabel terikatnya adalah jumlah lalat terperangkap, variabel pengganggu suhu dan kecepatan angin, variabel kontrol lama paparan, panjang bentangan dan jumlah lalat.  
Jenis penelitian yang digunakan adalah quacy eksperimen/ semu dengan metode pre post. Sampel dalam penelitian ini adalah lalat yang ada di Kampus 7 Poltekkes Kemenkes Semarang sebanyak 100 ekor lalat. Hasil analisis univariat pada tabel bahwa ada pengaruh pemakaian tali lem getah nangka terhadap jumlah lalat terperangkap di laboratorium kampus 7 poltekkes semarang tahun 2016. Berdasarkan hasil tersebut Kesimpulan bahwa ada pengaruh pemakaian tali lem getah nangka terhadap jumlah lalat terperangkap. Saran peneliti bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis sebaiknya menggunakan perbandingan getah dan pengikat yaitu 2 : 1.

Daftar bacaan : 13 (1985 – 2015)
Kata kunci      : Tali lem getah nangka, jumlah lalat terperangkap
Klasifikasi       : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar