Kamis, 20 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Frisian Lufti Intan Risqita (frisianlufti@gmail.com)
HUBUNGAN JARAK SUMBER PENCEMAR DENGAN KUALITAS MIKROBIOLOGIS AIR SUMUR GALI DI DESA PANGEBATAN KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2016
XVI + 91 halaman : gambar, tabel, lampiran

Air yang dikomsumsi masyarakat haruslah bersumber dari mata air yang baik dan bebas dari pencemaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan jarak sumber pencemar dengan kualitas mikrobiologis air sumur gali di Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun 2016..
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling, keseluruhan sampel yang diambil adalah 34 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan pengukuran. Data dianalisis dengan statistik regresi yaitu menghubungkan jarak sumber pencemar dengan kandungan mikrobiologis (total Coliform) air sumur gali.
Hasil pemeriksaan laboratorium diketahui kandungan mikrobiologis air sumur gali di Desa Pangebatan yaitu 34 sampel yang di periksa tidak memenuhi syarat kesehatan sesuai dengan ketentuan Permenkes RI .No: 416/MENKES/PER/IX/1990. Hasil analisis menunjukan nilai sig (0,003) < α(0,05)
Kesimpulan ada hubungan jarak sumber pencemar dengan kualitas mikrobiologi air sumur gali di Desa Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas Tahun 2016. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada yaitu dengan cara memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang jarak sumber pencemar ke sumur gali yang memenuhi syarat kesehatan yaitu 11 meter. Disarankan masyarakat harus benar – benar memperhatikan keadaan sanitasi di sekitar sumur gali agar selalu dalam keadaan bersih sehingga tidak mempengaruhi kualitas mikrobiologis air sumur gali.

Daftar Bacaan : 11 (1983 - 2015)
Kata Kunci     : Jarak sumber pencemar, Kualitas mikrobiologis air sumur gali
klasifikasi        : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar