Selasa, 25 Oktober 2016

Layanan Perpustakaan Kampus 7

A.   SISTEM LAYANAN
Sistem layanan yang dipakai perpustakaan terpadu kampus 7 Purwokerto, adalah sistem terbuka (open acces), dimana pengunjung perpustakaan bisa secara langsung menuju ke ruang koleksi dengan leluasa mencari dan memilih buku yang di inginkan baik untuk dibaca di tempat, di foto kopi maupun di pinjam.fflain.
Namun perlu dipahami oleh segenap pemustaka, bahwa layanan perpustakaan ini terintegrasi dengan sistem layanan berbasis komputer offlain. Sehingga setiap pengunjung diharapkan selalu memasukan data identitas melalui komputer kunjungan yang tersedia di pintu masuk perpustakaan.
B.    JAM LAYANAN
Perpustakaan buka setiap hari jam kerja Senin – Jum’at dengan jam layanan sebagai berikut :
Senin – Jum’at                      :  08.00   -   15.30
Istirahat layanan
Senin – Kamis                       :  12.00   -   13.000
Jum’at                                      :  11.30   -   13.00
C.    JENIS LAYANAN
Guna menunjang kepuasan pemakai dalam menelusur berbagai informasi, perpustakaan perpustakaan menyediakan layanan sebagai berikut :
1.    Layanan administrasi
Layanan administrasi dikategorikan 2 jenis, yaitu adminitrasi persuratan dan administrasi keanggotaan
Adminstrasi persuratan diantaranya adalah :
a.    Administrasi surat keluar dan masuk
b.    Administrasi surat pengantar
c.     Administrasi surat keterangan bebas pustaka
2.    Layanan sirkulasi
Layanan yang diberikan kepada pemustaka dalam bentuk penjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi. Pemustaka wajib melakukan absensi terlebih dahulu. Pastikan setelah memasukan NIM, layar komputer sudah menunjukan proses absensi selesai.
a.    Prosedur peminjaman
b.    Prosedur pengembalian
c.     Prosedur perpanjangan
3.    Layanan refferensi
Layanan refferensi (rujukan) disediakan untuk membantu setiap pemustaka dalam mencari informasi khusu yang bisadi rujuk pada koleksi refferensi. Ada 2 macam jenis koleksi rujukan, yaitu tercetak dan digital. Dengan layanan ini pemustakadapat mengajukan permintaan bantuan kepada petugas referensi, selanjutnya petugas akan menindak lanjuti sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pemustaka. Ada 2 jenis layanan rujukan yang diberikan yaitu,
a.    Layanan rujukan cepat
b.    Layanan pemakai sumber rujukan
4.    Layanan pembaca yaitu layanan yang diberikan petunjuk dan pemandu pemakai perpustakaan dalam menggunakan koleksi serta fasilitas perpustakaan.
5.    Layanan digital library
6.    Layanan abonemen
Sebagai perwujudan layanan kepada masyarakat umum, perpustakaan membuka layanan abonemen, yaitu layanan bagi non anggota perpustakaan kampus 7 Purwokerto untuk berkunjung dan mengakses informasi di perpustakaan. Prosedur layanan-nya adalah
a.    Lapor kepada petugas
b.    Mengisi daftar hadir
c.     Menyerahkan biaya abonemen.
7.    Layanan foto kopi, pemustaka harus menghungbungi petugas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar