Jumat, 21 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Lestiya Aprianne (lestiya.aprianne58@gmail.com)
PENGARUH PENGGUNAAN FILDOMTIK KIT TERHADAP KUALITAS FISIK LIMBAH CAIR DOMESTIK ANGKRINGAN DI DEPAN MORO PURWOKERTO TAHUN 2016
xvi+68 halaman: gambar, tabel, lampiran

Pedagang angkringan merupakan pelaku usaha makanan yang hasilakhir dari aktivitas warung makan pinggir jalan berupa air limbah yang menimbulkan masalah berupa bau dan pencemaran. Hal ini dikarenakan air limbah hasil cucian tidak diolah terlebih dahulu. “Fildomtik Kit” akronim dari Filter Limbah Domestik adalah sebuah rekayasa alat pengolahan limbah domestik. Penggunaan alat Fildomtik Kit sebagai alat pengolahan air limbah belum pernah dilakukan sebelumnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan Fildomtik Kit terhadap kualitas fisik cair domestik angkringan di depan Moro Purwokerto. Variabel bebas pada penelitian ini adalah “Fildomtik Kit” dan variabel terikatnya adalah kualitas fisik limbah cair domestik pada angkringan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre experiment dengan metode pre test and post test design yang bertujuan untuk mengetahui penurunan tingkat kekeruhan, warna, bau, dan TSS air limbah antara sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan Fildomtik Kit.
Hasil penelitian sebelum perlakuan untuk parameter kekeruhan 9,2 NTU, warna 215 TCU, warna tidak memenuhi syarat dan TSS 662 mg/L. Hasil percobaan pertama didapatkan hasil kekeruhan 4,9 NTU, warna 125 TCU, bau memenuhi syarat, TSS 198 mg/L, percobaan kedua didapatkan hasil kekeruhan 4,2 NTU, warna 123 TCU, bau memenuhi syarat, TSS 142 mg/L, dan pada percobaan ketiga didapatkan hasil kekeruhan 4,6 NTU, warna 119 TCU, bau memenuhi syarat, TSS 82 mg/L.
Kesimpulan penelitian ini adalah terjadi penurunan kekeruhan pada perlakuan pertama dan kedua, sedangkan perlakuan ketiga terjadi peningkatan, hasil parameter warna terjadi penurunan pada semua perlakuan, hasil pemeriksaan parameter bau pada ketiga perlakuanmenjadi tidak berbau, dan hasil pemeriksaan parameter kadar TSS telah mengalami penurunan pada tiap perlakuan. Hasil uji statistik menggunakan uji Paired Sample Test adalah nilai sig < α sehingga ada pengaruh penggunaan alat Fildomtik Kit terhadap kualitas fisik limbah cair domestik angkringan. Sebaiknya dilakukan penelitian lanjut mengenai
efektifitas variasi ketebalan media pasir pada air limbah.

Daftar bacaan : 10 (1996-2011)
Kata kunci     : limbah cair domestik, Fildomtik Kit
Klasifikasi      : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar