Senin, 31 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Ulfatuzzahroh ( ulfazahroh@gmail.com )
HUBUNGAN ANTARA KONSTRUKSI DENGAN KANDUNGAN BAKTERI COLIFORM AIR SUMUR GALI DI DESA PANGEBATAN KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2016
XVIII + 89 halaman: gambar, tabel, lampiran

Air merupakan sumber daya alam yang diperlukan untuk hajat hidup orang banyak, bahkan oleh semua makhluk hidup. Oleh karena itu, sumber daya air harus dilindungi agar tetap dapat dimanfaatkan dengan baik oleh manusia serta makhluk hidup yang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara konstruksi dengan kandungan bakteri Coliform air sumur gali di Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.
Metoda penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan Cross Sectional dan dilakukan analisis laboratorium dari aspek konstruksi sumur. Populasi penelitian adalah seluruh sumur gali dijadikan sebagai sumber air bersih oleh masyarakat yaitu sebanyak 168 SGL. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 34 SGL dengan metode cluster random sampling.
Hasil pemeriksaan laboratorium diketahui kandungan bakteriologi air sumur gali di desa Pangebatan yaitu 34 sampel air sumur gali yang diperiksa tidak memenuhi syarat kesehatan sesuai dengan ketentuan Permenkes RI No. 416/MENKES/PER/IX/1990. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara konstruksi sumur gali baik itu dari dinding sumur, bibir sumur, lantai sumur maupun SPAL dengan kandungan bakteri Coliform air sumur gali di desa pangebatan kecamatan karanglewas tahun 2016 dimana hasil uji chi square menunjukkan nilai X2 = 9826 (nilai X2 > 0,05). Dari hasil tersebut diperkuat dengan uji keeratan hubungan keeratan hubungan (Contingency Coefficient) diperoleh nilai C = 0,998 (nilai C>0,5) yang berarti terdapat keterkaitan yang cukup kuat antara variabel.
Saran yang diberikan antara lain melakukan perbaikan konstruksi sumur gali yang belum memenuhi syarat serta menjaga dan memelihara konstruksi sumur yang sudah baik, memberikan penyuluhan tentang syarat konstruksi sumur gali yang memenuhi syarat dan melakukan identifikasi masalah penyebab penyakit diare selain dari faktor air sumur gali.

Daftar bacaan  : 21 (1984 – 2014)
Kata kunci       : Konstruksi Sumur Gali, Bakteri Coliform
Klasifikasi        : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar