Kamis, 20 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Anggia Novia Gita Kirana (anggia.novia@gmail.com)
STUDI HYGIENE SANITASI PENGOLAHAN MAKANAN DAN MINUMAN
DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Hj. ANNA LASMANAH
KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2016

xviii + 101 halaman: gambar, tabel, lampiran

Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas kesehatan dan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara, rumah sakit tipe C dengan kapasitas tempat tidur 221 buah. Penelitian ini bertujuan mengetahui penjamah   makanan, tempat di instalasi gizi, bahan makanan di instalasi gizi, alat di instalasi gizi, enam prinsip hygiene sanitasi makanan dan minuman serta kualitas mikrobiologi makanan dan minuman.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu dengan melakukan pengamatan dan wawancara. Sedangkan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan, wawancara dan pemeriksaan mikrobiologi pada sampel makanan, sampel minuman, sampel tangan penjamah dan sampel sendok pasien.
Hasil penelitian yang diperoleh dari pengetahuan penjamah 91,97%, penjamah makanan 63,64%, tempat 82,35%, bahan makanan 97,96%, alat makan 66,67%, pengadaan bahan makanan 100%, penyimpanan bahan makanan 64,29%, pengolahan makanan 63,64%, penyimpanan makanan jadi 75%, pengangkutan
makanan jadi 83,33%, penyajian makanan jadi 92,86% Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan makanan di Rumah Sakit Umum Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara sudah cukup. Masih banyak beberapa bagian yang harus ditingkatkan lagi untuk personal hygiene penjamah, perilaku penjamah, pengolahan dan penyimpanan makanan.

Daftar bacaan :16 (1996 – 2015)
Kata kunci      : Sanitasi, Makanan, Minuman
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar